Warga Aceh Selamatkan Muslim Rohingya. Tokoh Malaysia: Terima Kasih!

45 sec read

Warga Aceh Selamatkan Muslim Rohingya

AlamIslam.com – Hampir 100 muslim Rohingya yang terdampar di lepas pantai Indonesia bagian Aceh ditarik ke pantai dan diselamatkan oleh warga sekitar pada hari Kamis oleh penduduk aceh setempat. Mereka marah pada penolakan pemerintah setempat untuk memberi mereka perlindungan karena khawatir terjangkit virus corona.

Sekitar 94 orang dari minoritas muslim Myanmar yang teraniaya, termasuk 30 anak-anak, diturunkan dari perahu mereka oleh nelayan sebelum dicegat oleh pejabat maritim dari pulau Sumatra yang menarik mereka lebih dekat ke pantai.
Tetapi para pejabat setempat yang berlokasi di Lhokseumawe di provinsi Aceh, Indonesia, menolak untuk mengizinkan kelompok itu mendarat, dengan alasan kekhawatiran coronavirus.
Penduduk setempat yang marah menyelamatkan pengungsi Rohingya tersebut dengan tangan mereka sendiri pada hari Kamis dengan mengambil perahu mereka sendiri untuk menarik mereka ke pantai.
Warga yang berkumpul di pantai setempat menyambut baik langkah itu, menurut seorang wartawan AFP di tempat kejadian. 
“Ini murni karena alasan kemanusiaan,” kata seorang nelayan bernama Aples Kuari.
“Kami sedih melihat anak-anak dan wanita hamil terdampar di laut,” tambahnya seperti dilansir Al-Jazeera pada Jumat (26/6).
Sebelumnya pada hari Kamis, kepala polisi setempat Eko Hartanto mengatakan mereka ingin mengirim Rohingya yang sebagian besar Muslim kembali ke laut daripada memberi mereka tempat tinggal sementara. Pernyataan itupun akhirnya menyulut kemarahan warga Aceh dan mereka berinisiatif menyelamatkan sendiri para muslim Rohingya tersebut.

API Desak Jokowi Pecat Tito Karnavian karena Dianggap…

Jokowi dan Tito Alam Islam Jakarta – Para pengurus Aktivis Pergerakan Islam (API) Bersatu dikabarkan telah melayangkan surat untuk mendesak Presiden Joko Widodo agar mencopot...
redaksialamislam
59 sec read

Ternyata! Pembunuhan Ulama dengan Pura-pura Gila Disebut Pernah…

Ustadz Prawoto Alam Islam Bandung – Pelaku penganiaya tokoh Persatuan Islam (Persis) Ustadz HR Prawoto disebut merupakan pasien Rumah Sakit (RS) Jiwa. Pernyataan tersebut disampaikan...
redaksialamislam
58 sec read

Najwa Shihab Ditantang Undang Jokowi Setelah Dianggap Sudutkan…

Najwa Shihab saat menemani Jokowi keliling perpustakaan tertinggi di dunia Alam Islam Jakarta – Setelah mengundang Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dalam...
redaksialamislam
1 min read