Inilah Hukuman Bila Nekat Menghina Nabi Rasulullah SAW

1 min read

Hukuman Bila Nekat Menghina Nabi Rasulullah SAW
Meme Presiden Perancis Emmanuel Macron sang penghina Nabi, sumber: knowyourmeme

Inilah Hukuman Bila Nekat Menghina Nabi Rasulullah SAW

AlamIslam.com – Tidak diragukan lagi bahwa orang yang menghina Nabi SAW harus dibunuh, seperti yang telah ditetapkan oleh para ulama sejak lama. 

Diantara mereka:

Wajib dibunuh

Ada pendapat yang mengatakan wajib membunuh tanpa harus diberi kesempatan untuk bertaubat. Ini adalah pendapat Ibn al-Qasim.

Dianggap murtad

Al-Auzaʻie dan Imam Malik berpendapat bahwa pelaku dianggap murtad dan harus diberi kesempatan untuk bertaubat. Lihat Tabsirah al-Hukkaam (2/212) oleh Sheikh Ibn Farhun.

Haram hukumnya

Demikian pula, adalah haram dan dihukum bagi orang kafir yang menghina Nabi atau merendahkan martabat dan martabatnya seperti menuduh keburukan pada tubuhnya sebagai orang yang lumpuh, timpang atau kurang ilmu dan kebodohan. Lihat al-Fiqh ʻala Madzahib al-Arbaʻah (5/372) oleh Sheikh Abdurrahman al-Jaziri.
Imam Ibn Mundzir pernah menyatakan bahwa menurut ulama, siapapun yang mengkritik Nabi Muhammad SAW secara eksplisit harus dibunuh.
Abu Bakr al-Farisi, yang merupakan salah satu ulama sekte al-Syafie, berkata: ” Lihat buku Fath al-Baari (12/348) oleh Imam Ibn Hajar al-Asqalani.

Perkataan Imam Ahmad bin Hanbal  

Imam Ahmad bin Hanbal berkata: “Aku mendengar Abu Abdillah berkata:” Barangsiapa menghina Nabi SAW atau merendahkan Nabi, baik Muslim maupun non-Muslim, maka mereka harus dibunuh. Saya pikir dia harus dibunuh tanpa harus disuruh bertobat. ” Lihat al-Sarim al-Maslul ʻala Syatim al-Rasul (1/9).

Perkataan Syekh Taqiuddin al-Subky 

Syekh Taqiuddin al-Subky dalam al-Saif al-Maslul berkata: “Siapapun yang menghina Nabi SAW sebaiknya tidak diminta untuk bertaubat dan dapat segera dibunuh.”
Al-Qadhi Abu Ya`la bersabda: “Barangsiapa menghina Allah (SWT) dan Rasulullah SAW dia memang kafir apakah dia mengizinkan (perbuatan) atau dia tidak mengizinkan.”
Al-Khattabi berkata: “Saya tidak tahu ada ulama yang salah tentang kewajiban membunuh orang yang menghina Nabi SAW.”

Menghina Nabi adalah kejahatan berat

Berdasarkan pernyataan di atas, jelas terlihat betapa berat hukuman dan ganjaran bagi mereka yang menghina, mengutuk dan merendahkan martabat Rasulullah SAW termasuk para Nabi lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati agar tidak mengeluarkan pernyataan dan pendapat yang menunjukkan betapa menghina Rasulullah SAW karena dapat berujung pada kafir dan murka Allah SWT.

Penulis: Umar Mukhtar Mohd Noor

Obat Narkotik, Haram? (Wajib Dibaca Oleh Orangtua)

Seorang anak panas tinggidirumahnya dan tiba-tiba badannyakejang. Lalu ada tetangganya yangmenasehati.“Bawalah segera anakmu itukerumah sakit. Biar dapatpengobatan!”“Tidak! Cukuplah kami bertawakalsaja disini sembari kami obatidengan...
redaksialamislam
2 min read

Pilihlah Cinta

Pada suatu hari ada seorg Ibuyg baru pulang dari pasarmelihat ada 3 orgberjanggut di halamanrumahnya.Ketiga pria itu terlihat letihdan lapar, ibu itu mengajakmereka masuk...
redaksialamislam
46 sec read

Kembalikan Anak Lelakiku!

Ketika lahir, anak lelakiku gelap benar kulitnya, Lalu kubilang pada ayahnya:“Subhanallah, dia benar-benar mirip denganmu ya!”Suamiku menjawab:“Bukankah sesuai keinginanmu? Kau yang bilang kalau anak...
redaksialamislam
3 min read