Inilah Hal Penting Dalam Membangun Manusia

56 sec read


Ketika orang Cina zaman dulu ingin hidup dalam kondisi aman, mereka membangun tembok besar Cina. Mereka yakin tidak akan ada orang yang sanggup menerobosnya karena tinggi sekali.
Akan tetapi, 100 tahun pertama setelah tembok selesai dibangun Cina terlibat tiga kali perang besar. Pada setiap kali perang, angkatan darat musuh tidak butuh menghancurkan tembok atau memanjatnya untuk menerobos masuk. Tapi cukup bagi mereka setiap kali perang menyogok penjaga pintu gerbang, kemudian mereka masuk melalui pintu.
Perhatian orang Cina di zaman itu disibukkan dengan pembangunan tembok, tapi mereka lupa membangun manusia.
Membangun manusia seharusnya dilakukan sebelum membangun apapun.
Dan itulah yang dibutuhkan oleh umat sekarang ini.

“Apabila anda ingin menghancurkan peradaban sebuah umat, ada tiga cara untuk melakukannya:

1. Hancurkan tatanan keluarga.
2. Hancurkan pendidikan.
3. Hancurkan keteladanan dari orang-orang yang jadi panutan dan ulama.

Untuk menghancurkan keluarga caranya dengan mengikis peranan Ibu. Jadikan mereka malu menjalani peran sebagai Ibu rumah tangga.

Untuk menghancurkan pendidikan caranya; jangan jadikan para pendidik (guru+dosen) sebagai orang yang penting dalam masyarakat.
Kurangi penghargaan terhadap mereka, hingga para pelajar/mhs meremehkannya.

Untuk menghancurkan keteladanan, rusak akhlak para ulama dan orang-orang yang ditokohkan dalam masyarakat. Hingga tidak ada lagi orang pintar yang patut dipercayai. Tidak ada orang yang mendengarkan perkataannya, apalagi meneladani perbuatan dan sifatnya.

Apabila Ibu-Ibu rumah tangga yang punya kesadaran sudah hilang, para guru yang ikhlas lenyap, dan para ulama panutan sudah sirna, maka siapa lagi yang akan mendidik generasi dengan nilai-nilai luhur?

Saat itulah kehancuran umat akan terjadi sekalipun tubuhnya dibungkus oleh pakaian mewah, bernaung di bangunan megah dan dibawa dengan kendaraan super wah..

Penulis: ust Encep ibnu shalih

Kata-Kata Nasehat Dari Ustadz Rahmat Abdullah

Alam Islam – Mungkin terjadi seseorang yang dahulunya saling mencintai akhirnya saling memusuhi dan sebaliknya yang sebelumnya saling bermusuhan akhirnya saling berkasih sayang. Sangat...
redaksialamislam
6 min read

Bencana Asap Dari Kacamata Surat Asap

Alam Islam – Hari ini ketika membaca Al-Qur’an, saya tidak sadar ternyata sedang mbaca surat Ad-Dukhon. Ad-Dukhon artinya kabut/asap. Bacaan surat Ad-Dukhon membuat saya...
redaksialamislam
2 min read

Cintailah Cinta Sekadarnya!

Alam Islam – Cintailah orang yang kau cintai sekedarnya saja. Siapa tahu suatu saat ia menjadi orang yang kau benci. Dan bencilah orang yang...
redaksialamislam
47 sec read