Ini Alasan Penyebar Hoax Covid-19 Kian Ramai. Anda Salah Satunya?

Posted on
Alasan Penyebar Hoax Covid-19 Kian Ramai
ilustrasi

Ini Alasan Penyebar Hoax Covid-19 Kian Ramai. Anda Salah Satunya?

AlamIslam.comKENAPA AKHIR-AKHIR INI ANEKA TULISAN MISLEADING & DISINFORMASI BERBUMBU TEORI KONSPIRASI MENGENAI WABAH COVID-19 SANGAT GENCAR & VIRAL?

Wabah dan pengelolaan negara terhadap wabah yang amburadul membuat kita sekarang berada pada tahap diuji kekuatan psikologis dan akal sehat. Kita tidak, misalnya – seperti Vietnam yang serius sejak awal wabah sehingga kini wabah di sana bisa diatasi. Jika kita demikian harusnya hal-hal yang akan saya ceritakan ini mungkin tidak akan terjadi. Tetapi inilah kita. Dan terjadilah apa yang terjadi.
Wabah berlarut dan kini rupanya masyarakat sudah sangat lelah. Lelah dengan wabah yang tak jua usai, lelah dengan kebijakan pemerintah dan tingkah polahnya, lelah dengan kesulitan ekonomi dan sosial yang menyertainya. Inilah tahap ujian kekuatan psikologis dan akal sehat.
Kondisi psikologis masyarakat yang lelah tersebut akhirnya menjadi lahan subur bagi muncul, menyebar dan viralnya tulisan-tulisan yang tidak jelas, misleading dan kadang dibumbui dengan aneka teori konspirasi. Tulisan-tulisan itu di-share berulang-ulang di Facebook dan menyebar deras secara berantai di grup-grup WhatsApp dan media sosial lainnya.
Cukup sampai di situ? Ternyata tidak. Kelelahan itu juga wujud di dunia nyata. Ada pengusiran tenaga kesehatan, serbuan bersenjata tajam ke RS untuk mengambil paksa jenazah dan kejadian-kejadian tragis lainnya. Akal sehat, empati dan nurani kita benar-benar sedang diuji sampai batas ujungnya.
Saya mengerti, kita semua sudah lelah. Teori konspirasi seganjil apa pun memang enak untuk pelarian. Tapi, mau tragedi apa lagi yang akan terjadi? Tetap logis dan tetap kritis ya teman-teman. Jangan mudah share hal-hal yang tidak jelas. Setiap apa yang kita tulis atau share ada hisabnya di sana.
Penulis: Ibnu Zaini Atmasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.