Cara Membuat Bayi Anda Jenius dengan Teknik Parentese

Posted on
Cara Membuat Bayi Anda Jenius dengan Teknik Parentese
ilustrasi

Cara Membuat Bayi Anda Jenius dengan Teknik Parentese 

AlamIslam.com – Parentese adalah salah satu metode atau cara berkomunikasi para orang tua yang memudahkan para bayi untuk mengingat dan menirukan kata-kata. Parentese dipraktekkan dengan berbicara diiringi intonasi yang agak sedikit berlebihan dan menggunakan sejumlah variasi nada suara tetapi tetap menggunakan artikulasi yang jelas. Cara tersebut juga dianggap akan membuat bayi anda menjadi anak yang jenius dikemudian hari.

Dan cara itu dianggap salah satu cara yang paling tepat untuk berbicara dengan anak Anda.  Yaitu dengan memperlambat laju bicara Anda, sedikit memperbesar suara dan berikan jeda agar mereka bisa merespons.

Bayi yang dilatih dengan cara ini berbicara lebih cepat dan memiliki kosakata yang lebih luas daripada yang lain.

Berbicara kepada anak-anak sebanyak mungkin sejak lahir memberi mereka awal dan akan membantu mempersiapkan mereka untuk sekolah.

Salah satu awal yang paling membuat orang tua tersenyum dalam kehidupan bayi mereka adalah ketika mereka belajar kata pertama mereka. Tetapi momen ajaib itu bisa terjadi lebih cepat, tergantung pada cara orang tua berbicara kepada anak.

Sejak dulu, para pakar ahli telah menyarankan bahwa bayi lebih suka apa yang orangtua sebut dalam suara mereka ketika mengajarkan bayi mereka, termasuk membuatnya nada yang lebih tinggi.

Dalam video hitam-putih berikut ini, bayi bernama Paul yang berusia tujuh bulan menunjukkan aksi yang berbeda untuk gaya bicara ibunya, dengan memutar kepalanya ke sisi di mana ibunya berbicara sebagai orang tua, alih-alih sisi di mana ia berbicara secara normal.

Dan penelitian telah membuktikan anak-anak dari orang tua yang dilatih berbicara gaya Parentese mulai berbicara lebih cepat dan memiliki kosakata yang lebih banyak daripada anak-anak yang orang tuanya tidak menerima pelatihan yang sama.

Penjabaran tentang Parentese

Lazimnya orangtua tertarik untuk menarik perhatian bayi mereka dengan mengarang kata-kata yang terdengar cadel dan bertentangan dengan bahasa baku. Tetapi banyak penelitian telah menunjukkan bahwa bayi benar-benar bicara melibatkan penggunaan struktur tata bahasa yang tepat. Karena itu ajari dengan berbicara satu oktaf lebih tinggi dari biasanya, mengatakan hal-hal dengan lebih lambat agar mudah dicerna. Meninggikan dan merendahkan suara Anda, dan yang terpenting memberi jeda agar bayi punya kesempatan untuk merespons.

Semua ini berfungsi untuk membuat Anda terdengar bahagia dan mendorong bayi Anda untuk terlibat dalam komunikasi, yang merupakan langkah penting dalam perkembangan kognitif dan sosial mereka.

Pada usia 14 bulan, bayi yang orangtuanya dilatih oleh metode Parentese menghasilkan kata-kata yang jauh lebih banyak daripada bayi lain pada umumnya. Hal itu disimpulkan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Washington.

Prentese meningkatkan kinerja otak

Membaca dan berbicara kepada anak-anak sejak lahir sangat penting untuk memberi mereka awal terbaik dalam hidup dan membantu mereka siap sekolah, kata Profesor Anne Fernald, seorang psikolog perkembangan di Universitas Stanford.

Dalam eksperimen yang menguji kemampuan pemrosesan bahasa anak-anak, ia menemukan bahwa anak-anak yang orang tuanya berbicara dengan mereka lebih sedikit tertinggal dari orang lain sebanyak enam bulan pada usia dua tahun.

“Orang tua yang berbicara lebih banyak dengan anak-anak mereka lebih menyadari potensi perkembangan mereka. Anda berkewajiban memberi mereka makan, mencuci, berpakaian dan lain-lain. Berbicaralah dengan mereka saat kamu melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut,” kata Prof Fernald.

Sumber: Weforum