iframe data-aa="1472877" src="//ad.a-ads.com/1472877?size=728x90" scrolling="no" style="width:728px; height:90px; border:0px; padding:0; overflow:hidden" allowtransparency="true">

Hukum Hutang Piutang dalam Islam

Hukum Hutang Piutang dalam Islam

Hukum Hutang Piutang dalam Islam
Hukum Hutang Piutang dalam Islam

Hukum Hutang Piutang dalam Islam


AlamIslam.com - Bila berbicara soal utang, pasti banyak orang yang punya pengalaman baik meminjamkan atau meminjam uang. Kita seringkali mendengar cerita tentang dampak gagal bayar hutang seperti keributan, hilangnya persahabatan antara saudara dan teman dan lain-lain.

Piutang dapat memberikan banyak keuntungan bagi kedua belah pihak. Penyelesaian hutang merupakan tindakan yang sangat dianjurkan oleh Allah S.W.T. Penyelesaian hutang dapat mengurangi kesulitan pihak lain yang bermasalah dan dapat mempererat persaudaraan kedua belah pihak.

Pada dasarnya masalah hutang sangat erat kaitannya dengan sikap kepercayaan kita dalam mengelola pengeluaran. Sifat amanah dipandang sebagai kontrak yang membuktikan semangat untuk menolong dan tingginya keimanan seseorang untuk membantu mereka yang bermasalah.

Hukum memberi hutang adalah sunnah dan sangat dianjurkan karena orang yang memberi hutang akan mendapatkan pahala yang istimewa di sisi Allah SWT. Suatu amalan yang mulia jika tujuannya membantu meringankan beban orang yang mengalami kesusahan hidup, bukan dengan maksud untuk mengambil keuntungan para pengutang.

Hukum Hutang


Sedangkan hukum hutang berubah sesuai dengan keadaan. Jika seseorang kekurangan dan membutuhkan uang untuk menghidupi keluarganya, maka dia pasti berhutang. Sedangkan undang-undang utang bagi pengutang diubah sesuai dengan keadaan dalam tiga bentuk yaitu:

Pertama: Haram hukumnya jika pemberi hutang mengetahui hutang tersebut akan digunakan untuk tujuan yang dilarang seperti meminum alkohol, judi dan sebagainya.

Kedua: Makruh hukumnya jika pemberi hutang mengetahui hutang tersebut akan digunakan untuk hal-hal yang tidak menguntungkan atau untuk pamer, atau pemberi hutang mengetahui bahwa dia tak dapat melunasi hutang tersebut.

Ketiga: Wajib hukumnya jika pemberi hutang mengetahui bahwa pengutang sangat membutuhkan hutang untuk menutupi hidupnya dan keluarganya dan tak ada cara lain baginya untuk mendapatkannya kecuali dengan cara berhutang.

Tanggung jawab pemberi hutang 


Tanggung jawab pemberi hutang dalam pandangan Islam:

- Menjadikan hutang sebagai sedekah
- Memberi waktu tenggang bagi mereka yang bermasalah.
- Menagih hutang dengan akhlak yang mulia
- Berpikiran terbuka dalam menagih hutang
- Menjadikan hutang sebagai amal

Wallahu 'alam.

(MHS)

Nama

artikel,168,cerpen,1,foto,2,internasional,93,kisah,50,konsultasi,2,kultum,28,nasional,151,opini,73,sejarah,24,video,11,
ltr
item
ALAMISLAM.COM: Hukum Hutang Piutang dalam Islam
Hukum Hutang Piutang dalam Islam
Hukum Hutang Piutang dalam Islam
https://1.bp.blogspot.com/-K3jQpd5d3mU/X4mhuN-WI-I/AAAAAAAACzI/LiLrmkuJKkEk0cPO3sI1Ce__Wl_ePRzLwCNcBGAsYHQ/s16000/hutang-dalam-islam.png
https://1.bp.blogspot.com/-K3jQpd5d3mU/X4mhuN-WI-I/AAAAAAAACzI/LiLrmkuJKkEk0cPO3sI1Ce__Wl_ePRzLwCNcBGAsYHQ/s72-c/hutang-dalam-islam.png
ALAMISLAM.COM
https://www.alamislam.com/2020/10/hukum-hutang-piutang-dalam-islam.html
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/2020/10/hukum-hutang-piutang-dalam-islam.html
true
4345512471650341497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy