iframe data-aa="1472877" src="//ad.a-ads.com/1472877?size=728x90" scrolling="no" style="width:728px; height:90px; border:0px; padding:0; overflow:hidden" allowtransparency="true">

Liat Gitu Doang Sange, Dasar Sangean Lu!

Orang yang bilang ‘liat gitu doang kok sange,’ itu sebenernya sedang membuka aibnya sendiri: bahwa dia UDAH NGGAK SANGE liat yang seperti itu.

Orang yang bilang ‘liat gitu doang kok sange,’ itu sebenernya sedang membuka aibnya sendiri
berita TV


Liat Gitu Doang Sange, Dasar Sangean Lu! 


AlamIslam.com - Saya kadang gemes kalo ada orang ngomong gini. Sekaligus kasihan.
Kenapa? Karena misal nih, objeknya adalah orang dengan pakaian minim (cewe seksi pake swimsuit, atau cowo sixpack bergaya roti sobek), 

Orang yang bilang ‘liat gitu doang kok sange,’ itu sebenernya sedang membuka aibnya sendiri: bahwa dia UDAH NGGAK SANGE liat yang seperti itu.

Dengan kata lain, dia udah biasa liat yang sejenis, bahkan yang lebih daripada itu.

Kalo orangnya udah nikah sih, masih bisa berhushnuzhan dia udah liat luar-dalem pasangannya.
Lha kalo yang ngomong anak sekolahan? Atau jomblo?
Apa yang biasa dia liat, sampe ngeliat hal seperti itu dianggep ‘biasa aja’?

Pembiasaan ini proses yang nggak gampang lho. Sama-sama liat kepala orang kelindes truk di jalan, tapi orang yang jarang liat lakalantas, dengan paramedis, atau malah petugas forensik, reaksinya beda.
Yang satu hilang nafsu makan seminggu, yang satu merem sebentar menghela nafas, yang satu mengamati sambil mbatin ‘wah, ancur nih.’
Power of habit.

Di sisi lain, bagi orang yang sangean, saya memandang ada 2 jenis:

- sange karena emang udah ‘loss’ otaknya gegara keseringan nonton pornografi, atau..
- sange karena emang dia jarang ketemu yang begituan. Alias dia menjaga pandangannya.

“Yakali bang, jaman sekarang ada orang tipe nomer 2.”
Ada. Banyak. Elunya aja yang circlenya kurang lebar. Jadinya ketemunya sama yang sangean tipe pertama mulu.

“Ah, paling dia cuma sosoan jarang liat aja. Padahal imajinasinya liar.”
Ya, secara naluriah, laki-laki emang lebih liar imaninasinya. Makanya Islam perintahkan untuk menundukkan pandangan. 

Sosoan jarang liat? Itu berarti dia emang menjaga diri dari maksiat, Bambaanggg.... Dia tau imajinasinya liar, makanya dia nahan diri sampai tiba waktunya ‘berbuka puasa dengan halal’. 
Beda sama elu yang memperturutkan syahwat trus sosoan bilang orang lain sangean.

Yang saya takut dari orang-orang model begini, adalah dia ngerasa aman melihat, membicarakan, bahkan berbagi konten tidak senonoh,

Hanya karena ia merasa ‘biasa aja, elu aja yang sangean’,
Dan dia mengira bahwa semua orang sehina dirinya.

Seperti kasus tempo hari yang dikomplain bang Arham Rasyid, soal kebiasaan bapak-bapak berbagi stiker dan foto tidak senonoh di grup WA. 

Iya, saya paham kondisi orang beda-beda. 

Ketahanan orang beda-beda. Motivasi orang juga beda-beda. Tapi, tolong ini semua jadiin bahan renungan.
Minimal kalo nggak buat kita, ya buat generasi di bawah kita.


Penulis: Miftahul Fakhri


Nama

artikel,160,cerpen,1,foto,2,internasional,93,kisah,50,konsultasi,2,kultum,28,nasional,149,opini,72,sejarah,24,video,11,
ltr
item
ALAMISLAM.COM: Liat Gitu Doang Sange, Dasar Sangean Lu!
Liat Gitu Doang Sange, Dasar Sangean Lu!
Orang yang bilang ‘liat gitu doang kok sange,’ itu sebenernya sedang membuka aibnya sendiri: bahwa dia UDAH NGGAK SANGE liat yang seperti itu.
https://1.bp.blogspot.com/-bH2uBDaBBV0/XzH5QtOQTXI/AAAAAAAACvM/pg9xeblXkuUMdCPq7McLKBh8WgSVu8sJwCNcBGAsYHQ/d/bocah-sd-sangean.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bH2uBDaBBV0/XzH5QtOQTXI/AAAAAAAACvM/pg9xeblXkuUMdCPq7McLKBh8WgSVu8sJwCNcBGAsYHQ/s72-c-d/bocah-sd-sangean.jpg
ALAMISLAM.COM
https://www.alamislam.com/2020/08/liat-gitu-doang-sange-dasar-sangean-lu.html
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/2020/08/liat-gitu-doang-sange-dasar-sangean-lu.html
true
4345512471650341497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy