Kenapa Jenazah PDP Dikubur Standar Covid-19? Baca Alasan Dokter Ini!

Ini alasan dokter Jenazah PDP harus dikubur standar Covid-19.

Jenazah PDP Harus Dikubur Standar Covid-19
Jenazah Dikubur Standar Covid-19

Kenapa Jenazah PDP Harus Dikubur Standar Covid-19? Baca Alasan Dokter Ini!

AlamIslam.com - Karena sangat menular ketika ada pasien sakit dan dirawat tidak boleh ada yang mendampingi. Dokter dan perawat yang menangani harus dilengkapi Alat Proteksi Diri lengkap. Ini artinya sekujur tubuhnya harus dilindungi baju Hazmat sehingga virus tidak bisa masuk dan menempel di tubuh atau pakaian, mulut dan hidung harus dilengkapi masker sehingga virus tidak terhirup saat bernafas, mata juga harus menggunakan kacamata kedap udara sehingga virus tidak menyelinap dan masuk lewat mata.

Pada 80% kasus memang gejalanya bisa ringan, tapi pada 20% kasus perlu perawatan, dan pada sekitar 5% gejalanya bisa berat dan bisa menimbulkan kematian.

Kalau meninggal karena (terkait) COVID19, mayat masih bisa menjadi sumber penularan. Sehingga harus dibungkus oleh kantong kedap udara dan tidak boleh dibuka. Setelah itu kantong mayat harus di sterilisasi dan harus dikirimkan oleh petugas khusus untuk langsung dikremasi atau dikuburkan. Tempat penguburan pun harus jauh dari sumber air atau pemukiman penduduk. Petugas yang mengurus pemakaman pun harus mengenakan APD lengkap seperti dokter dan perawat yang menangani.

Prosedurnya relatif sama untuk setiap negara. Karena risiko menularkan tinggi penguburan sebaiknya tidak melibatkan banyak orang. Di beberapa negara bahkan acara penguburan yang melibatkan banyak orang sudah dilarang karena potensi penularan penyakit yang tinggi.

Melalui tulisan saya bukan mau menakuti-nakuti, saya hanya mau menyampaikan kenyataan yang ada. Kami sebagai tenaga kesehatan harus mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah agar penyakit ini tidak semakin menyebar.

Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang belum terkonfirmasi COVID19 harus dianggap positif dan prosedur pemakamannya mengikuti prosedur pemakaman untuk pasien COVID19. Jadi mohon keluarga bisa paham. Kalau misalnya ada PDP yang meninggal dipaksa dibawa pulang keluarga, dibuka kantong mayatnya, dimandikan, dicium oleh keluarga, lalu dimakamkan rame-rame maka penyakit yang diderita bisa jadi menular ke banyak orang.

Karena tragisnya COVID19 ini, ayo jangan anggap remeh penyakitnya. Cegah penularan nya dengan menjaga diri dan keluarga sebaik-baiknya. Jangan keluar rumah kalau tidak perlu. Hindari keramaian, jangan kumpul-kumpul dulu karena penyakit ini bisa ditularkan oleh orang yang tidak bergejala. Sering cuci tangan. Jangan salaman dulu. Jaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang bergizi, olahraga di rumah, berjemur. Kalau misalnya ada yang meninggal karena penyakit ini ikuti peraturan yang ada karena itu dibuat untuk melindungi kita semua.


Judul: PENYAKIT INI MEMANG BEDA.
SEJAK SAAT SAKIT HINGGA PEMAKAMANNYA.
Penulis: (dr. Erta Priadi)

Nama

artikel,160,cerpen,1,foto,2,internasional,93,kisah,50,konsultasi,2,kultum,28,nasional,147,opini,70,sejarah,23,video,11,
ltr
item
ALAMISLAM.COM: Kenapa Jenazah PDP Dikubur Standar Covid-19? Baca Alasan Dokter Ini!
Kenapa Jenazah PDP Dikubur Standar Covid-19? Baca Alasan Dokter Ini!
Ini alasan dokter Jenazah PDP harus dikubur standar Covid-19.
https://1.bp.blogspot.com/-uLhJG2z2BfE/Xtyn8QpHT4I/AAAAAAAACjY/824VMK8qwqkZQ58m4oPzLMr8xPGKBWiXACK4BGAsYHg/d/jenazah-pdp.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uLhJG2z2BfE/Xtyn8QpHT4I/AAAAAAAACjY/824VMK8qwqkZQ58m4oPzLMr8xPGKBWiXACK4BGAsYHg/s72-c-d/jenazah-pdp.jpg
ALAMISLAM.COM
https://www.alamislam.com/2020/06/kenapa-jenazah-PDP-dikubur-standar-covid-19.html
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/2020/06/kenapa-jenazah-PDP-dikubur-standar-covid-19.html
true
4345512471650341497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy