PSBB Corona Berakhir, Jangan Tergesa-gesa Masuk Sekolah Lagi!

Bila PSBB Corona berakhir, jangan tergesa-gesa masuk sekolah lagi.

jangan tergesa masuk sekolah bila PSBB berakhir
ilustrasi


AlamIslam.com - Setelah ada istilah "berdamai dengan covid19" kemudian ada lagi "New Normal" dalam penanganan virus corona ini, ada wacana yang berkembang bahwa dalam waktu dekat, sekolah mulai aktif kembali dengan protokol kesehatan yang ‘ketat’.

Mungkin dalam dua bulan kemarin saat semua sekolah libur banyak anak-anak yang mulai bosan tinggal di rumah, bahkan ada juga orang tua yang kewalahan membimbing anaknya belajar di rumah, saya pikir ini wajar-wajar saja, namun jika ada kebijakan pemerintah untuk kembali mengaktifkan sekolah walaupun dengan protokol kesehatan yang ‘ketat’ secara pribadi saya katakan Guru atau dinas terkait (Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama) harus memperhitungkan secara matang, “PEMERINTAH JANGAN TERGESA-GESA” mengambil sikap untuk menyegerakan anak-anak belajar di sekolah.

Perlu diingat bahwa anak-anak tidak kebal dengan Covid19, justru tren penyebaran corona mulai menyisir ke usia anak-anak.

Ada beberapa alasan mengapa pemerintah harus bersikap hati-hati ketika memberikan peluang pada sekolah untuk memulai aktivitas belajar mengajar, karena jangan sampai hal ini justru mengakibatkan anak-anak yang belum terbiasa menjalani “protokol kesehatan yang Ketat” justru terpapar pendemi covid19.

Jadi secara pribadi menyarankan untuk bersabar, dan melihat kondisi yang benar-benar aman untuk anak-anak ketika mereka beraktivitas kembali ke sekolah, ada 2 hal yang penting diperhatikan, pertama adalah mempersiapkan dukungan sarana “protokol kesehatan” di sekolah dan kedua adalah mental, disiplin dan kebiasaan anak-anak menghadapi ‘protokol kesehatan’ yang berlaku.

Pertama apakah sarana di sekolah sudah memikirkan tentang jarak belajar siswa (tempat duduk) yang selama ini sebagian besar masih berdekatan? Apakah halaman sekolah sudah mendukung kegiatan anak-anak untuk tetap menjaga jarak ketika jam istirahat? Apakah sekolah sudah menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun yang representatif dengan jumlah siswanya? Dan lain sebagainya sebagaimana yang dipersyaratkan ‘protokol kesehatan’

Jika sarana ini masih belum dipersiapkan oleh sekolah maka mohon dengan sangat JANGAN TERGESA-GESA MEMBUKA SEKOLAH dan membiarkan anak-anak belajar seperti biasanya. Ingat Imun anak-anak itu berbeda, ada yang kebal tapi ada yang rentan dengan penyakit, seperti penyakit yang sering dialami anak-anak adalah radang tenggorokan.

Kedua persoalan mental, disiplin dan kebiasaan anak-anak untuk mengikuti ‘protokol kesehatan’, kita tahu semua terutama anak-anak SD dan SMP yang masih suka bermain-main bahkan tanpa peduli dengan panas maupun hujan. Jika tidak disiplin untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan pola makan yang sembarangan, malahan akan menjadi lebih berbahaya, menurut saya dua bulan yang lewat belum cukup untuk mendisiplinkan anak-anak dengan protokol kesehatan.

Jika Mental dan disiplin serta kebiasaan anak-anak belum dipersiapkan oleh orang tua maka mohon dengan sangat JANGAN TERGESA-GESA MEMBUKA SEKOLAH dan membiarkan anak-anak belajar seperti biasanya.

Jika tetap belajar di rumah, bagaimana strategi yang memungkinkan tanpa mengurangi hakekat belajar mengajar sebagaimana yang diterapkan di sekolah.

Selama ini alternatif yang digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi, itu juga bagus, namun bagi sekolah-sekolah ataupun siswanya yang memiliki keterbatasan dalam hal jaringan ataupun quota, maka alternatifnya adalah guru mempersiapkan modul-modul yang dapat diberikan secara gratis dan dapat di unduh di internet, atau diambil langsung ke sekolah dengan ditemani oleh orang tuanya, sambil berkonsultasi dengan guru di sekolah.

Namun saya yakin banyak strategi lainnya yang selama ini sudah dilaksanakan oleh guru-guru baik secara online maupun kunjungan langsung ke rumah-rumah siswanya, memang kita harus bersabar, harus menerima kanyataan ini, bahwa proses belajar mengajar tidak bisa CEPAT seperti biasanya “NEW ABNORMAL”, lebih baik kita bersabar sedikit sembari berdoa kepada yang maha kuasa dan berusaha untuk mencari alternatif terbaik jika saatnya nanti kembali membuka sekolah.

Untuk itu pemerintah PERLU menyediakan anggaran ekstra untuk memenuhi fasilitas yang optimal bagi guru dan sekolah

Lebih baik kita rugi beberapa bulan dari pada kita menyesal seumur hidup, sekedar saran, semuanya kembali pada diri koita masing-masing.

Penulis: Baso Marannu

Nama

artikel,160,cerpen,1,foto,2,internasional,93,kisah,50,konsultasi,2,kultum,28,nasional,147,opini,70,sejarah,23,video,11,
ltr
item
ALAMISLAM.COM: PSBB Corona Berakhir, Jangan Tergesa-gesa Masuk Sekolah Lagi!
PSBB Corona Berakhir, Jangan Tergesa-gesa Masuk Sekolah Lagi!
Bila PSBB Corona berakhir, jangan tergesa-gesa masuk sekolah lagi.
https://1.bp.blogspot.com/-PEgiV3_MfvM/XtPVA-OrOSI/AAAAAAAACdc/g_MXYKa3WV8r9fZZ-2hBmSkzTpWjycllgCK4BGAsYHg/d/siswa-covid19.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-PEgiV3_MfvM/XtPVA-OrOSI/AAAAAAAACdc/g_MXYKa3WV8r9fZZ-2hBmSkzTpWjycllgCK4BGAsYHg/s72-c-d/siswa-covid19.jpeg
ALAMISLAM.COM
https://www.alamislam.com/2020/05/psbb-corona-berakhir-jangan-masuk-sekolah.html
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/2020/05/psbb-corona-berakhir-jangan-masuk-sekolah.html
true
4345512471650341497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy