Rezim Diktator Bikin Virus Corona Makin Meluas

Rezim diktator yang anti kritik dan anti kebebasan pers membuat virus Corona semakin menyebar tanpa kendali.

Rezim diktator yang anti kritik dan anti kebebasan pers membuat virus Corona semakin menyebar tanpa kendali.
Sejumlah dokter dan petugas kesehatan yang hilang di China

Rezim Diktator Bikin Virus Corona Makin Meluas


AlamIslam.com - Pada 27 Februari lalu, di tengah wabah virus Corona yang kini berkembang di seluruh dunia, aktivis hak asasi manusia Cina bernama Yaqiu Wang menunjukkan sebuah tragedi: "Tidak peduli seberapa luasnya sumber daya pemerintah, membungkam kritik akan selalu menjadi prioritas nomor satu Partai Komunis."

Dia merujuk pada fakta bahwa jurnalis warga lain, Li Zehua, baru saja ditangkap di China karena melaporkan berita seputar virus corona. Tetapi komentarnya jelas, sebuah pengamatan tentang bagaimana sistem otoriter beroperasi.

Sejarah menulis

Ketika bencana Chernobyl terjadi, rezim Soviet berusaha menutupi efek bencana dari kehancuran nuklir. Lebih buruk lagi, serangkaian peristiwa yang memicu ledakan yang sebenarnya telah dikaitkan dengan kesalahan manusia, yaitu warga negara yang telah menempatkan kesetiaan mereka kepada Partai Komunis di atas komitmen mereka terhadap barang publik. Kemudian, seperti sekarang, membungkam kritik adalah tujuan utama diktator selama masa krisis.

Seperti yang diungkapkan sebuah studi baru dari The Economist, kediktatoran buruk bagi kesehatan masyarakat. Laporan ini meninjau data historis dari International Disaster Database, yang mencakup 40 tahun dampak dari penyakit mulai dari cacar hingga Zika hingga Ebola. Demokrasi menyimpulkan, analisis mereka, "lebih baik bagi pemerintah mengurangi wabah yang berefek tingkat kematian yang lebih rendah daripada rekan-rekan mereka yang tidak demokratis."

Bahkan ketika kediktatoran melaporkan angka yang tampaknya baik tentang kesehatan, data harus diperiksa. Karena penguasa otoriter tidak mengizinkan pers bebas atau organisasi pengawas, hampir tidak mungkin untuk memverifikasi statistik sosial ekonomi yang berasal dari masyarakat tertutup.

Kiprah UNESCO

Entitas seperti Unesco mengumpulkan data untuk laporan yang dihasilkan oleh PBB, Bank Dunia, dan organisasi berpengaruh lainnya. Dalam kasus kediktatoran seperti Kuba, rezim memberikan nomor kesehatan secara langsung kepada pengumpul data, dan tidak ada pemeriksaan ganda yang independen. Ini membantu menjelaskan mengapa, meskipun liputan media luas tentang statistik perawatan kesehatan "hebat" di Kuba, negara itu mengalami wabah kolera beberapa tahun yang lalu.

Sekilas, kediktatoran yang sangat tersentralisasi mungkin tampak lebih siap untuk memobilisasi aksi dengan cepat selama masa epidemi, karena mereka tidak menghargai hak atau keinginan warga negara dalam rencana dan program mereka.

Semua orang dapat melihat sejumlah besar konstruksi dan permintaan baru dari Partai Komunis Tiongkok dalam membangun lebih banyak rumah sakit, lebih banyak tempat tidur pasien, dan lebih banyak fasilitas pengujian sebagai hal yang positif. Tetapi karena iklim ketakutan yang mereka ciptakan untuk bertahan hidup, para tirani akhirnya merusak inovasi dan kerja sama, dan pada akhirnya memperlakukan kritik yang baik sebagai kejahatan terhadap negara.


Penulis: Alex Gladstein


Nama

artikel,153,cerpen,1,foto,2,internasional,91,kisah,50,konsultasi,1,kultum,28,nasional,146,opini,67,sejarah,23,video,11,
ltr
item
ALAMISLAM.COM: Rezim Diktator Bikin Virus Corona Makin Meluas
Rezim Diktator Bikin Virus Corona Makin Meluas
Rezim diktator yang anti kritik dan anti kebebasan pers membuat virus Corona semakin menyebar tanpa kendali.
https://1.bp.blogspot.com/-tTdBQJBnxrY/XmBz-H8rygI/AAAAAAAACVU/j0RKUk_-INE-iV4FaATtUzKoXu6tDXZhACNcBGAsYHQ/s1600/dokter-corona-hilang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tTdBQJBnxrY/XmBz-H8rygI/AAAAAAAACVU/j0RKUk_-INE-iV4FaATtUzKoXu6tDXZhACNcBGAsYHQ/s72-c/dokter-corona-hilang.jpg
ALAMISLAM.COM
https://www.alamislam.com/2020/03/rezim-diktator-bikin-virus-corona-meluas.html
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/2020/03/rezim-diktator-bikin-virus-corona-meluas.html
true
4345512471650341497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy