Video Tarawih Ngebut 7 Menit. Buya Yahya: Hukumnya Haram!

Buya Yahya mengatakan haram bagi muslim mengikuti imam shalat tarawih super cepat yang membaca Al-Qur’an dengan bacaan terburu- buru sehingga hilangnya huruf atau salahnya harakat Al-Qur’an dalam bacaannya.

Buya Yahya tawarih super cepat hukumnya haram
ilustrasi

Alam Islam Blitar - Netizen digegerkan dengan rilis video yang beredar di media sosial terkait pelaksanaan shalat tarawih tercepat di dunia yang hanya 7 menit. Shalat tarawih yang dilakukan secara sangat cepat itu malah terkesan seperti tidak serius ingin melaksanakan ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan tersebut.

Terkait hal ini, Buya Yahya, seorang ulama yang berasal dari Cirebon mengungkapkan bahwa shalat tarawih yang dilakukan dengan sangat cepat dapat mengakibatkan tidak sahnya shalat tersebut.

Beliau memperingatkan imam tarawih yang cepat dalam gerakan dan khususnya bacaan Al-Qur’an agar tidak terburu-buru dan tidak merasa bangga bila bisa menyelesaikan shalatnya terlebih dahulu.

Salah satu hal yang krusial, menurutnya, adalah hilangnya kewajiban melaksanakan ruku`, i`tidal dan sujud dengan Thuma`ninah. Disamping itu juga menggugurkan salah satu huruf yang dilafadzkan saat membara Al-Fatihah dengan sangat cepat sehingga tergabungnya dua huruf menjadi satu.

Dengan kesalahan fatal tersebut, lanjutnya, sudah pasti shalatnya tidak sah dan tidak mendapatkan apa-apa kecuali capek dan dosa.

Beliau mengutip perkataan Imam An-Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an hal. 89 yang berbunyi:

“Bagi orang yang sudah bisa membaca Al-Qur’an maka haram membacanya dengan cara Lahn atau terlalu panjang dalam membacanya atau terlalu pendek sehingga ada sebagian huruf terbalik panjang pendeknya, atau membuang harakat pada sebagian lafadz yang merusak makna. Bagi yang membaca dengan cara demikian hukumnya adalah haram dan pelakunya dianggap Fasiq sedangkan yang mendengar juga berdosa jika ia mampu menghentikannya akan namun lebih memilih diam dan mengikutinya”.

Maka dari, menurutnya, haram bagi muslim mengikuti imam shalat tarawih yang membaca Al-Qur’an dengan bacaan terburu- buru sehingga hilangnya huruf atau salahnya harakat Al-Qur’an dalam bacaannya.

Berikut video yang menggegerkan tersebut.






Nama

artikel,154,cerpen,1,foto,2,internasional,93,kisah,50,konsultasi,1,kultum,28,nasional,146,opini,69,sejarah,23,video,11,
ltr
item
ALAMISLAM.COM: Video Tarawih Ngebut 7 Menit. Buya Yahya: Hukumnya Haram!
Video Tarawih Ngebut 7 Menit. Buya Yahya: Hukumnya Haram!
Buya Yahya mengatakan haram bagi muslim mengikuti imam shalat tarawih super cepat yang membaca Al-Qur’an dengan bacaan terburu- buru sehingga hilangnya huruf atau salahnya harakat Al-Qur’an dalam bacaannya.
https://1.bp.blogspot.com/-I46uRI5t26k/V1cRQh2NY3I/AAAAAAAABYw/os-1nfCju6c8tylBJ7H7G3q74uK06ydwwCK4B/s1600/shalat%2Btarawih%2Bcepat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-I46uRI5t26k/V1cRQh2NY3I/AAAAAAAABYw/os-1nfCju6c8tylBJ7H7G3q74uK06ydwwCK4B/s72-c/shalat%2Btarawih%2Bcepat.jpg
ALAMISLAM.COM
https://www.alamislam.com/2016/06/video-tarawih-ngebut-7-menit-buya-yahya.html
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/
https://www.alamislam.com/2016/06/video-tarawih-ngebut-7-menit-buya-yahya.html
true
4345512471650341497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy