kisah

Walaupun Buta Sebelah, Kakek Ini Sangat Luar Biasa!

Kisah motivasi seorang kakek buta sebelah berasal dari Madiun mengumpulkan penghasilannya untuk niat Qurban di hari Raya Idul Adha
Kakek dari Madiun penjual sapu

Alam Islam – Teguran dari Yang Kuasa bikin hati terenyuh. Kejadian sore tadi ketika saya ke tempat kawan di daerah Jiwan Madiun, ada seorang kakek renta yang hanya bisa melihat hanya dengan satu matanya.

Ia adalah penjual sapu lantai, dari daerah Saradan. Saya tidak tega meliatnya. Saya ingin membeli dagangannya, walaupun saya gak terlalu butuh.

Saya bertanya dengan bahasa jawa; “Mbah regine pinten sapune”. Mbah jawab: “setunggale 12 ewu nang”. Terus saya beli 2 sapu, menyodorkan uang 2 lembar sepuluh ribu dan 1 lembar 5 ribu.

Saya kaget seketika melihat reaksi kakek yang langsung memeluk saya sambil menangis berucap: “Matur suwun gusti Alloh daganganku akhire laku”. Selanjutnya aku bertanya: “wonten nopo kok panjenengan nangis mbah? ( ada apa kok nangis kek).”

Jawabnya: “wes ket wingi nang daganganku urung payu (sudah dari kemarin nang daganganku belum laku). Beliau ngasih 2 sapu ke saya. Kakek tersebut menerima uang terus ia ambil yang 20 ribu di masukkan di kantong depan dan yang 5 ribu dimasukan ke kantong plastik yang ditaruh di kantong bajunya.

Kemudian saya bertanya; “la nopo mbah kok duite di pisah? (kenapa kek kok duitnya di pisah)”. Si kakek menjawab: “tak klumpokne nang insya Allah tahun iki niat qurban (tak kumpulkan nang insya Allah tahun ini niat qurban). Seketika mendengar perkataan kakek tersebut langsung bikin saya terenyuh.

Berasa sangat malu di hadapan sang kakek. Beliau kumpulkan sebagian hasil penjualan sapu lantai yang harganya tidak seberapa untuk niat suci berqurban di hari Raya Idul Adha.

Ya allah betapa hinanya hambamu ini yang hidup jauh lebih baik, masih enggan menjalankan sunnahmu yang masih sembunyi di balik ketidak mampuan. Mengabaikan kendaraan yang abadi di akhirat, sibuk dengan kendaraan dunia yang fana.

Ya allah terima kasih Engkau telah pertemukan hamba dengan hamba-Mu, orang yang miskin harta dunia tapi sangatlah kaya raya akan iman.

Buat teman yang baca tulisan ini, tolong bila melihat saudara kita yang seperti ini niatkanlah untuk membeli barang dagangannya walaupun kita tidak membutuhkannya. Yakinlah Allah akan menggantinya dengan yang jauh lebih besar.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *