apa itu pancasila
artikel

Tolong Terangkan Apa Itu Pancasila!

Tolong terangkan apa itu Pancasila. Bagi seorang muslim, agama Islam adalah agama sempurna. Seorang muslim tidak akan pernah sesat, selama berpegang teguh pada Islam. Agama Islam itu tinggi, tak ada tak melebihinya. Agama Islam adalah agama sekaligus ideologi.

Agama Islam telah sempurna mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT, bagaimana hamba beribadah dan menghamba kepada Al kholik. Agama Islam juga telah sempurna mengatur bagaimana urusan dunia ini diatur sesuai kehendak Allah SWT.

Ideologi Kapitalisme dan sosialisme hanya mengatur urusan hidup manusia, namun alpa dalam mengatur urusan makhluk dengan Penciptanya. Kapitalisme melakukan sekulerisasi, melepaskan urusan ibadah pada keyakinan yang dianut masing-masing individu, sementara sosialisme menutup celah hubungan manusia dengan Penciptanya, dengan keyakinan tidak ada pencipta, materi adalah kekal, semua kehidupan ini abadi dan hanya tunduk pada hukum dialektika materialisme.

Adapun agama selain Islam baik Hindu, Budha, Kristen, katholik, Konghucu, kesemuanya tidak memiliki aturan hidup. Agama hanya menyalurkan rasa keinginan manusia menghamba kepada pencipta, pada aspek ruhiyah (ibadah) saja.

Tak ada sistem ekonomi Kristen, sistem politik Budha, sanksi pidana dalam Protestan, dan sebagainya. Agama diluar Islam tak memiliki kualifikasi disebut sebagai ideologi, yakni tak memiliki gagasan (ide) untuk mengatur kehidupan. Semua agama selain Islam, hanya memiliki aturan terkait akherat, yakni hubungan manusia dengan Penciptanya.

Adapun Pancasila ? Tidak memenuhi kualifikasi baik sebagai agama apalagi ideologi. Pancasila tak punya aturan rinci bagaimana mengatur tata cara manusia menghamba pada Al kholik.

Karena itu, dalam urusan ibadah yang mengatur hubungan manusia dengan Al kholik, Pancasila berlepas diri dan menyerahkan semua urusan itu pada agama-agama yang ada. Sementara itu, dalam sistem kehidupan, Pancasila juga tak punya aturan rinci yang mengatur masalah bernegara, ekonomi, politik, hukum, dll.

Pendek kata, Pancasila tak memiliki kualifikasi sebagai ideologi. Pancasila tak memiliki ide untuk mengatur kehidupan, karena itu Pancasila dalam urusan kehidupan akan ditafsirkan sesuai corak para penafsirnya.

Bagi kaum sosialis, ide kehidupan Pancasila akan ditafsirkan dengan corak sosialisme. Karenanya, ide ekonomi Pancasila yang ditelurkan memiliki corak dan rasa sosialistik. Bagi kaum kapitalis liberal, ide ekonomi, politik, hukum dan sosial Pancasila akan ditafsirkan secara sekuleris kapitalistik.

Karenanya wajar, Pancasila era Soekarno bercorak sosialistik. Era Soeharto bercorak kapitalistik dan diera reformasi hingga saat ini Pancasila bercorak neolib. Jadi, pencasila itu ibarat karet, bisa ditarik dan diulur sesuai kehendak dan motif penafsirnya.

Pancasila tak punya sentral ideologi atau Nabi pengusungnya. Bagi kaum sosialisme, Karl Marx laksana Nabi bagi ideologi sosialisme. Kapitalisme, pasti tak akan melupakan sosok Adam Smith sebagai ‘Nabi’ bagi pengusung ekonomi kapitalis.

Sementara Islam memiliki Rasulullah Muhammad SAW sebagai Nabi sekaligus tauladannya. Jika ada yang bertanya, bagaimanakah praktik Islam yang sempurna ? Kita dapat menjawab dengan jawaban Islam sebagaimana dipraktikkan Rasululah SAW.

Namun, jika ditanya bagaimanakah praktik Pancasila yang sempurna ? Semua orang tak akan mampu menjawab. Karena tak jelas, siapa sosok teladan Pancasila sehingga bisa dijadikan rujukan dan teladan bagi para pengamal Pancasila.

Soekarno ? Dia pernah menjadi mandor Romusha dan justru pengusung Nasakom. Soeharto ? Dia dianggap pemimpin Diktatur yang tidak Pancasilais. Megawati ? Dia pemimpin lemah, dimana di era Megawati Sipadan dan Ligitan lepas dari NKRI. Jokowi ? Apalagi Jokowi, dia adalah pemimpin terbodoh sepanjang sejarah Presiden Indonesia.

Jika Pancasila itu merujuk kelompok politik, partai, semua partai mengaku Pancasilais. Tapi, tak seorang pun setuju bahwa partai merepresentasikan akhlak dan moral yang Pancasilais.

PDIP yang klaim Pancasilais, kadernya banyak tersangkut kasus korupsi, padahal, korupsi jelas disebut praktik bernegara yang bertentangan dengan Pancasila. Golkar ? Gerindra ? PKB ? PPP ? Hanura ? Semua sama saja.

Jadi saya tantang siapapun pembela Pancasila, coba terangkan Pancasila itu apa ? Ideologi ? Agama ? Dan siapa teladan Pancasila yang bisa dijadikan teladan ?

Kalau saya, mencukupkan hanya pada Islam Karena Islam adalah agama sekaligus ideologi. Islam memiliki teladan yang jelas, yakni Rasulullah Muhammad SAW.

 

Penulis : Nasrudin Joha

Tinggalkan Balasan