partai akp erdogan
artikel

Partai AKP Erdogan dan Tantangan Ahmet Davutoğlu

Pelarangan Partai Refah mengakibatkan terbelahnya pandangan dari pengikut Erbakan. Mereka menghimpun diri menjadi dua partai, yakni Saadet Party dan Partai AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) yang didirikan oleh Erdogan.

Ada perbedaan pandangan antara dua kelompok tersebut, dimana Saadet Party lebih memilih untuk menjalankan orientasi politik Islam yang ketat sebagaimana diterapkan oleh Erbakan dengan sistem ke”jamaahan”nya. Sementara, AKP menjadi lebih terbuka dan mengakomodir segala macam pandangan bahkan pandangan liberal sekalipun.

AKP adalah partai arah baru Turki bentukan Erdogan yang didirikan oleh sebagian kader Refah/Fazilet Partisi, partai aliran gurunya Erdogan. AKP telah berjaya hampir 4 periode membawa Turki menjadi negara yang semakin kuat. Kemudian saat ini sebagian kader AKP juga membuat partai baru, Gelecek Partisi yang juga diklaim sebagai partai masa depan Turki.

Dan it doesn’t matter for Erdogan & AKP. Karena partai adalah pasar ide. Yang cocok silahkan masuk, klo belum cocok silahkan masih banyak pilihan lain. Kedewasaan para elite menjadi contoh bagi followersnya. Bukti bahwa pemikiran akan terus bergerak menghadapi realita zaman, tak elok bila ada yang hendak membonsainya di era demokrasi ini.

Toh partai politik cuma sebuah alat, bukan tujuan apalagi mesti diperlakukan layaknya agama yang dibela mati2an. Partai politik adalah kumpulan orang yang punya cita-cita besar buat negaranya, bukan sekedar tempat ngumpul eksklusif buat indah-indahan atau rindu-rinduan. Ia terus bergerak menawarkan gagasan-gagasanya ke khalayak masyarakat untuk menciptakan kolaborasi yang progresif demi kemajuan bangsanya.

O ya yang difoto ini adalah Ahmet Davutoğlu yang merupakan Perdana Menteri Turki dan pemimpin AKP dari Agustus 2014 hingga Mei 2016.

Penulis: Tomy Octavian

Tinggalkan Balasan