artikel

Lebih Baik Dompet Tipis Daripada Banyak Hutang!

tips cara agar terhindar dari tagihan kartu kredit dan asuransi

Alam Islam – Dompet saya menipis, isinya hanya 2 kartu debet, 2 SIM A & C, dan 1 KTP, serta beberapa lembar uang sadja..

Tidak ada lagi 4 kartu kredit yang dulu membuat sesak..
Tidak ada lagi kartu member 3 asuransi yang saya dulu ikuti..
Tidak ada kartu-kartu belanja diskonan dari berbagi toko yang menjebak memaksa belanja…

Dompet saya makin tipiss..
Tidak masalah disebut gak gaul karena gak punya banyak kartu kredit..
Gak masalah dibilang gak safety karena gak tercover asuransi..
Toh tiap hari kita diajarkan berdoa dalam sholat: inna sholati, wanusuki, wamahyaya, wamamati, Lillahirobbilalamin..
“Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk ALLAH Tuhan semesta alam..”

Dompet makin tipisss..
Mau ada tawaran cicilan gadged 12 bulan 0% pun dah gak nafsu lagi.. Tiba-tiba hilang semua nafsu belanja..
Kalo ada uang dan pas butuh ya beli cash, kalau gak butuh ya gak usah beli.. Gak pegang dana ya gak usah maksa mencicil yang bikin “mecicil”..

Tiba-tiba selama 8 bulan ini tidak ada lagi kertas-kertas tagihan kartu kredit dan premi asuransi..
Tak ada pak pos dan kurir yang mengetuk pintu lagi..
Duluuu.. Tiap dapat setumpuk tagihan kartu kredit, mules tiap melihat angka-angka interest… Interest.. Yang tak berkesudahan! Bunga kok berbunga… Bayar sedikit eh berbunga lagi.. Kejamnya dunia..

Lalu biasanya nyesel..
Ya ampuun! Kemarin nyicil beli ini pakai kartu ini..
Duuh! Nyicil yang itu gesek pakai yang itu..
Ampuun deh! Makan bareng keluarga aja bayarnya pakai kartu utangan.. Sepanjang jalan pulang dari restoran, yang masuk ke perut adalah makanan-makanan utangan dengan akad riba bunga berbunga…
Geseeek teruus!
Hajaarrr teruus!!
Mainkan sekarang.. Urusan belakangan!

Rejeki dari Allah itu PASTI cukup untuk hidup, tapi tak akan pernah cukup untuk gaya hidup…

Ada kawan yang punya 10 kartu kredit, 9 dipotong, tinggal 1 yang enggak..
“Buat jaga-jaga mas, kalo mendesak..”
“Berarti kamu gak percaya sama Allah, kamu masih menjagakan kartu utangan itu untuk kebutuhanmu, kalau tawakal pada Allah itu total, maka setiap ada kebutuhan ya minta dan bersandar pada Allah… Soal jalannya, biar Allah yang akan menentukan ‘min haitsu la yahtasib’.. Dari jalan yang tidak terduga-duga..”

Dia bengong..

“Bro.. Semut itu keluar lubang rejekinya dijamin sama Allah, cicak nempel di dinding dapat makanan hewan bersayap yang bisa terbang.. Nyamuk! Kamu yang sehari lima kali sholat jengkang-jengking nyembah Allah Yang Maha Kaya, masak sih gak dijamin olehNya?”

Akhirnya kartu utang terakhirnya itu bernasib sama, dedel duel dipotong-potong dengan gemesssnya..
Perang melawan nafsu itu sungguh luar biasa!

Ketika kita beradzam bebas hutang.. Meninggalkan riba, tauhid kita diuji..
Kesabaran kita pun harus nambah berkali-kali..
Namun ratusan testimoni di Facebook ini jadi saksi, orang-orang yang bertaubat pada Allah, lalu berazam (bercita-cita mentooook bebas utang),
Allah hadirkan kemudahan…
Kemudahan…
Kemudahan..
Kemudahan..
Kemudahan.. dari jalan yang tidak terduga-duga..

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: إِنَّ اللَّهَ مَعَ الدَّائِنِ حَتَّى يَقْضِىَ دَيْنَهُ مَا لَمْ يَكُنْ فِيمَا يَكْرَهُ اللَّهُ “Allah akan bersama (memberi pertolongan pada) orang yang berhutang (yang ingin melunasi hutangnya) sampai dia melunasi hutang tersebut selama hutang tersebut bukanlah sesuatu yang dilarang oleh Allah.” [HR. Ibnu Majah no. 2400]

Sekarang lihat dompetmu..
Masih terasa sesak dengan beban yang nancep sakiiittt di hati?
Atau sudah enteng? yang bikin tenang saat ibadah pada Illahi.

Penulis: Saptuari
Sumber

9 Replies to “Lebih Baik Dompet Tipis Daripada Banyak Hutang!

Tinggalkan Balasan