garbi anis matta fahri hamzah makin solid
opini

Garbi: Semakin Terang dan Solid?

Bagi mereka yang memilih politik gagasan, Mereka akan tau apa bedanya dengan politik basa basi dan nunggu hoki.

Pasca pemilu, Garbi akan semakin teratur langkahnya, hampir gak ada waktu melihat ke samping apalagi menoleh ke belakang.

Tekad yang kuat kedepan karena ada susuatu yang ingin dicapai, dan sesuatu itu adalah besar sehingga energi kita tidak ada untuk yang lain.

Jalan didepan masih memiliki 1001 pekerjaan rumah, tidak sama dengan ormas tua yang lain, tentu 100% juga tidak sama dengan partai politik yang mayoritas sudah berusia hampir seperempat abad dan bahkan lebih.

Pemilu ini memberikan banyak pelajaran sangat berharga kepada Garbi: Ada partai yang menang kebetulan dan faktor nasib, ada partai yang gagal menjual ide sama sekali, ada partai yang jumawa padahal tidak layak, ada partai yang stagnan tanpa kemajuan, dan ada juga partai yang sama sekali hilang tanpa bekas.

Pemilu kali ini mematahkan banyak teori politik, sehingga Garbi mungkin harus memunculkan hipotesis baru dan perlu melahirkan beberapa gagasan baru lain agar lebih relevan.

Pemilu kali ini memberikan peta yang terang buat Garbi, bahwa selama apapapun usia sebuah partai, kalau pondasinya lemah dan gagasan usang, maka cepat atau lambat akan mati.

Pemilu kali ini akan memisahkan dua jenis golongan manusia dalam politik:
yang benar benar paham visi misinya, dia akan semakin kuat tekadnya. Sedangkan yang ikut ikutan akan kebingungan arahnya.

Pemilu kali ini besar kemungkinan akan mengubah beberpa”fatwa” politik Garbi kedepan agar Garbi bisa mencapai ril power dimasa yang akan datang.

Siklus perubahan dalam politik itu minimal 5 tahun atau sesuai jadwal pemilu, tapi manusia bisa merancang peta perubahannya untuk jauh lebih lama dari itu. Garbi mikirnya harus selalu jangka panjang.

Sebenarnya tidak ada rahasia dan tips khusus dalam memenangkan pertarungan politik: kerja keras, cerdas, kerja yang kontinue, kerja yang profesional, luwes dalam fatwa, lapang dalam lobi, supel dalam negosiasi, logika yang teraarah dalam menerjemahkan narasi.

Belum ada tokoh besar di Garbi saat ini, karena Garbi memang di desain bukan by figur,. belum ada doktor doktor sepuh lulusan madinah, belum ada doktor jerman dan jepang, belum ada habib habib masyhur. Dst.

Mungkin bisa jadi Garbi sedikit mencontoh turki: dengan tokoh yang hanya lulus S1 tapi mempu membuat negara itu kuat dan disegani dunia hingga saat ini.

Di Garbi adalah kumpulan anak anak muda yang antisias dan penuh semangat untuk perubahan, yang menawarkan masa depan bukan yang membuka memori dan cerita nostalgia masa lalu yang usang.

Di Garbi pure millenial, politik yang berdiri diatas konsep dan gagasan yang terang, yang kalau meminjam Istilah presiden AS Donald Trump, merekalah calon agen perubahan kedepan.

Waktu masih sangat cukup buat Garbi untuk menuju entitas politik yang kuat dimasa depan, tapi dengan bekerja secara kontinue, akan ada keajaiban di 2024 nanti.

Ini baru halaman pertama Garbi, besok pagi Garbi akan memulai halaman halaman baru, halaman halaman yang penuh kejutan insyaAllah, halaman halaman yang membuat peta jalan kita akan semakin terang.

Penulis: Tengku Zulkifli Usman (pengamat politik)

Tinggalkan Balasan