fakta bumi bulat
berita internasional

Fakta Bumi Bulat, Astronot Arab Rela Bersumpah!

Dua astronot yang berasal dari dua negara mayoritas Islam menjadi viral karena berani bersumpah demi Allah bahwa benar adanya bahwa bumi itu bulat.

Mereka mengatakan hal itu setelah mereka melihat sendiri saat mengudara di antariksa.

Kedua astronot ini bernama Hazza Al Mansouri yang berasal dari Uni Emirat Arab dan Dr Sheikh Muszaphar Shukor yang berasal dari Malaysia.

Kedua astronot ini pernah bertandang ke International Space Station (ISS), yang merupakan wahana antariksa buatan yang mengorbit di sekitar Bumi.

Dari pengalaman langsung itu mereka melihat bentuk Bumi itu bulat dan bukan datar seperti yang diyakini oleh sebagian penganut bumi datar.

Hazza terbang menuju ISS memakai roket Soyuz MS-15 pada 25 September lalu. Ia pun kembali pada 3 Oktober dengan pendaratan di Kazakhstan bersama astronot yang berasal dari Amerika Serikat, Nick Hague beserta kosmonot asal Rusia, Alexey Ovchinin.

Dalam konferensi pers terkait bentuk Bumi, ia menjawab dengan tegas. “Ia (Bumi-red) itu bulat, saya melihat sendiri dengan mata saya jadi saya dapat mengatakannya langsung kepada Anda,” ujarnya.

Sedangkan Shukor sudah lama bertandang ke ISS yaitu pada Oktober 2007 lalu.

Atas kerja sama Malaysia dan Rusia, Shukor terbang ke ISS memakai Soyuz TMA-10 dan melihat langsung pemandangan tersebut.

Belakangan, media sosial milik Shukor dibanjiri oleh pertanyaan dari sejumlah penganut Bumi datar tentang bentuk planet ini. Mereka bahkan memintanya bersumpah.

“Saya tidak begitu aja menggunakan nama Allah untuk membuktikan sesuatu dan membuat orang percaya pada saya. Itulah alasan Allah memberikan kita akal untuk mendapat pengetahuan dan belajar hal-hal baru,” tulisnya di Instagram dan Facebook.

“Tapi jika itu diperlukan, demi Allah, saya bersumpah bahwa Bumi itu bulat seperti yang saya lihat dengan mata saya sendiri di angkasa,” tegasnya.

 

Tinggalkan Balasan