nasional

Ahok Larang Sekolah Buat Aturan Siswi Pake Jilbab

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melarang sekolah siswanya memakai jilbab
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 

Alam Islam, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dikabarkan telah melarang sekolah-sekolah negeri di sekitar Jakarta untuk membuat aturan agar para siswi mengenakan jilbab.

Larangan Ahok tersebut disampaikan ketika berpidato di depan 1.700 kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA dan SMK serta pejabat struktural eselon III serta IV di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, di Aula Yayasan Budha Tzu Chi, pada Sabtu (4/6).

Menurutnya, larangan tersebut pernah ia ungkapkan ketika menjadi Bupati Belitung Timur pada tahun 2006 lalu.

“Tempat saya itu 93 persennya muslim. Tiba-tiba semua guru mewajibkan semua siswa untuk berkerudung. Padahal berjilbab itu kan panggilan iman,” ujarnya seperti dilansir Serambinews pada hari Sabtu (4/6).

“Anda yakin kerudung sesuatu yang bisa menyelamatkan Anda, ya silahkan saja. Tapi tidak bisa Anda memaksa semua murid pakai kerudung,” jelasnya.

Ia meminta larangan ini jangan dihubung dengan anggapan bahwa ia anti Islam. Karena bagi Ahok, jilbab bukanlah lambang agama Islam.

“Kalau mau berdebat, orang kristen sama yahudi juga pakai kerudung,” kilah Ahok.

Menurutnya, ia mengambil inisiatif untuk melarang sekolah untuk menyuruh siswinya menggunakan kerudung karena menurutnya sering sekali siswi sekolah tidak menggunakan jilbab secara baik. Ia kemudian bercerita pengalaman ketika menjabat dulu sebagai Bupati Belitung Timur.

“Yang dipakai yang kayak serbet. Malah bisa jadi lebih bagus serbet di dapur saya malah. Pas pulang dari sekolah naik motor orang tuanya, langsung dibuka itu kerudung,” ujarAhok.

“Ajarin dia sampai dia berpikiran bahwa kerudung bagian dari akhlak sebagai seorang muslim, dia akan pakai itu. Dia akan pakai dengan baik. Bukan dia pakai terus pas pulang sekolah langsung dia buang. Bukan pakai tapi kelakuan bikin malu agama,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *