logo blog alam islam

Erdogan, Ujian Politik dan Strategi Zero Enemy

Ujian politik Erdogan dan sikapnya saat menghadap lawan dan kawannya.
Erdogan 

Alam Islam - Ditangkap dan dijebloskan ke penjara hanya karena soal puisi sederhana yang dianggap mengancam sekulerisme.

Di tuduh pengkhianat dan makar terhadap partai lamanya hanya karena mendirikan partai baru yang sampai saat ini partai erdogan berkuasa di turki.

Tahun 2007 dan 2008, partai erdogan ingin dibubarkan MK bahkan hampir berhasil. dan erdogan selalu jadi sasaran tembak politik.

Tahun 2013 mengalami ancaman dan usaha kudeta oleh militer dan polisi, pelakunya plot ergenoken mengaku dibiayai oleh luar negeri lewat tangan Fathullah Gulen. 325 orang perwira polisi ditangkap plus satu jenderal besar Ilker Basbug di bui oleh erdogan.

Mengalami usaha pembunuhan berkali kali, terhitung 6 kali upaya pembunuhan terhadap erdogan termasuk yang terbaru saat kunjungan ke Bosnia.

Mengalami kudeta berdarah juli 2016, 250 rakyat turki meninggal dalam usaha melawan kudeta dan mempertahankan legitimasi erdogan sebagai presiden yang sah.

Lebih dari 80 orang perwira dari berbagai sayap militer terlibat dalam usaha kudeta 2016, dengan dana 4 miliar dolar dari Dubai dan 3 miliar dolar dari Arab Saudi.

Erdogan juga mengalami serangan media yang bertubi tubi baik dari dalam dan luar negeri dengan bully an yang serampangan, namun erdogan masih membebaskan rakyat bicara.

Menghadapi plot Arab Saudi - Emirat yang sampai saat ini terus menerus merongrong turki agar erdogan lengser.

Menghadapi infiltrasi dari dalam negeri lewat plot Gulenist FETO yang sudah masuk ke berbagai lini pemerintahan bahkan sampai ke pengawal pribadi panglima angkatan bersenjata turki, lalu dibersihkan oleh erdogan dengan cara cara yang manusiawi.

Melawan makar pihak pihak teroris baik dari PKK, YPG, PYD dkk nya yang dibiayai oleh pihak luar untuk terus mendestabilkan turki dan melemahkan pemerintahan erdogan.

Mendapat berbagai teror dari israel dan amerika, ancaman, tekanan dan berbagai upaya melengserkan erdogan dan AKP, terakhir perang ekonomi yang dilancarkan amerika dengan pelemahan mata uang lira, masalah ini sudah selesai, turki keluar sebagai pemenang.

Mengalami berbagai upaya pembenturan dan adu domba agar erdogan ribut dengan internal AKP, erdogan di adu domba dengan Abdullah Gul, dibenturkan dengan Daud Oglu, bahkan menantunya sendiri Berat Al Bayrak dibenturkan dengan salah satu mentrei "kesayangan" erdogan Sulayman Soylu.

Dimusuhi eropa terutama jerman, dan prancis. bahkan juga dimusuhi oleh Kanada, Belanda, Belgia, dkk karena erdogan tidak mau didikte oleh kekuatan manapun dalam isu apapun.

Sampai saat ini terus dirongrong amerika cs dengan kekuatan kawasan teluk Mesir dkk, kalau bukan karena erdogan kuat dan turki adalah negara kuat, kekuasaan erdogan sudah berakhir tahun 2008.

Kunci kekuatan dan daya tahan erdogan adalah pemahaman yang baik tentang dunia politik, realitas musuh, memiliki kharisma yang kuat dan memiliki kepercayaan tinggi dalam memimpin turki.

Daya tahan erdogan adalah gaya politik yang tidak baper, tidak gila hormat, selera telinga erdogan yang bisa dibilang tahan gunjingan dan tahan dalam berbeda pendapat.

Daya tahan erdogan yang tidak memilih sikap dendam dalam politik, tidak sibuk dengan konflik, tidak terjebak pada kepentingan sesaat, tidak baper dan tidak dendam dengan teman lama dan mantan dalam politik.

Sanggup menahan diri untuk tidak meladeni fitnah teman lama, tidak melihat masa lalu, terlalu fokus berkarya nyata dan selalu mengutamakan semua golongan, erdogan juga tidak pernah melanggar hukum dalam setiap kebijakannya, payung hukum dipersiapkan lebih dahulu baru kebijakan keluar belakangan.

Daya tahan erdogan terletak dalam sikapnya menerapkan kebijakan politik "zero enemy". Bagi erdogan, musuh 1 kebanyakan dan teman seribu itu sedikit. Itu berlaku buat AKP dan juga untuk semua musuh bangsa turki.

Bagi erdogan, selalu ada jalan persuasif dan diplomasi, walaupun erdogan sangat berkuasa, erdogan bukan tipikal pemimpin yang gatal tangan suka teken surat pemecatan.


Judul: Ujian-Ujian Politik Erdogan
Penulis: Tengku Zulkifli Usman (Analis GeoPolitik Dunia Islam Internasional)




Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon