logo blog alam islam

Saat Presiden Jokowi Bicara

presiden jokowi bicaranya seperti vicky prasetyo gak jelas maknanya
Presiden Jokowi

Alam Islam - Hampir 4 tahun Pak Jokowi menjadi Presiden, selama 4 tahun itu pula kita jarang mendengar beliau berbicara di depan publik. Berbagai macam persoalan besar yang terjadi di negeri ini, jarang direspon secara terbuka oleh beliau.

Berton-ton narkoba masuk ke Indonesia, beliau cenderung diam saja, tidak ada bicara kepada rakyat, tidak ada pidato merespon persoalan ini, padahal ini masalah besar yang dapat mengancam masa depan generasi bangsa. Yang kita dengar justru malah pergantian ketua BNN.

Sudah lebih 4000 triliun hutang negara, nyaris 3 x melebihi total APBN kita. Negara ini sebenarnya sudah bangkrut, hutang lebih besar dari pendapatan. Perekonomian mulai tidak stabil, rakyat mulai cemas. Tapi Pak Jokowi sedikit pun tidak ada bicara kepada rakyat, terus diam. Terus santai, asyik ngevlog, nonton bioskop dan aktivitas-aktivitas santai lainnya. Tanggungjawab sebagai presiden tidak terasa oleh rakyat, Pak Jokowi tampak begitu menikmati jabatannya, tapi tampak lupa dengan tanggungjawabnya.

Harga BBM naik lagi, rakyat protes, mahasiswa protes. Karena kenaikan harga BBM, secara otomatis akan diikuti oleh kenaikan harga bahan-bahan pokok. Saat pendapatan masyarakat cenderung stagnan, bahkan menurun, BBM malah naik. Tentu rakyat gelisah. Tapi Pak Jokowi tetap diam saja, tidak ada menyampaikan kepada rakyat tentang alasan-alasan logis mengapa harga BBM harus dinaikkan. Diam-diam harga BBM dinaikkan begitu saja, seolah rakyat ini hanya sebatas objek ekonomi, tidak diperlakukan sebagai mana layaknya rakyat.

Dan banyak lagi persoalan-persoalan penting yang tampak didiamkan oleh Pak Jokowi. Aksi masyarakat yang berjuta-juta tahun lalu, juga didiamkan. Tak dianggap sama sekali. Sikap Pak Jokowi ini tentu menimbulkan banyak tanda tanya di benak kita.

Lalu betapa terkejutnya kita, ketika tiba-tiba presiden tampil dan berbicara kepada kita, ternyata beliau menggunakan bahasa yang rumit, sehingga kita sulit untuk memahami apa sebenarnya maksud dari yang disampaikan oleh Pak Jokowi ini. Bahasanya tinggi sekali, susah kita memahaminya. Saya pribadi mengkategorikan bahasa beliau ini rumit seperti Vicky Prasetyo yang sempat viral di waktu-waktu yang lalu. Mungkin lain waktu, jubir presiden ataupun sekretariat kepresidenan bisa lebih menjelaskan lagi, apa sebenarnya yang dimaksud oleh Pak Jokowi ini. Karena sungguh bahasanya tinggi sekali, tak sampai otak kita untuk memahaminya.


Penulis: Setiyono

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon