Dianggap Memecah Belah Ummat Islam, Mesjid Wahabi Yazid Jawas ini Dicabut Izinnya

Mesjid sunni wahabi yang dibina oleh yazid jawas dicabut IMB karena dianggap memecah ummat Islam

Mesjid sunni wahabi yang dibina oleh yazid jawas dicabut IMB karena dianggap memecah ummat Islam
Keadaan di depan Mesjid Ahmad Bin Hanbal dan Yazid Jawas yang sering membid'ahkan warga NU 

Alam Islam Bogor - Sebuah mesjid di Bogor dikabarkan dicabut izinnya pada Rabu (21/3) karena dianggap sering mengadakan kajian salafi wahabi yang dikenal sering membid'ahkan jamaah islam lainnya. Rumah ibadah yang bernama mesjid Ahmad Bin Hanbal tersebut belum mendapat izin dari Walikota Bogor Bima Arya karena adanya sejumlah laporan dari warga yang menyebutkan kejanggalan aktifitas jamaah salafi yang mengurus mesjid tersebut yang dianggap tertutup dan sering mengundang ustadz salafi beraliran keras yang menganggap bid'ah jamaah islam lainnya.

Mediasi yang sudah dilakukan selama sembilan bulan lamanya oleh walikota Bogor Bima Arya antara Jamaah Mesjid Ahmad Bin Hanbal dengan Warga setempat masih tersendat dan statusnya belum jelas.

Mesjid yang beralamat di Jalan Pandu Raya Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor tersebut didirikan pada tahun 2001 dan kemudian direnovasi, namun selama proses pengurusan surat tersebut dianggap tidak sah karena tidak mendapat persetujuan warga sekitar. Dari 6 Rukun Tetangga yang ada, hanya 1 RT yang memberi izin dan itu dianggap hanya warga yang memang jamaah salafi.

Banyak warga mengkritik pembangunan mesjid tersebut. Salah satunya bernama Abdul Aziz. Ia mengkritik pembangunan mesjid yang sering menyinggung perasaan warga NU tersebut karena sejumlah warga mengakui sering mendengar para ustadz yang mengisi kajian di mesjid tersebut sering membidahkan tahlilan, zikir jamah, dan lain-lain.

Ia juga menganggap mesjid tersebut didirikan atas dasar kemudharatan, riya, atau syum’ah maka mesjid tersebut termasuk dalam kategori Mesjid Dhirar (Tafsir Al-Qurtuby 8/162). Dimana pada zaman Nabi, Mesjid Dhiror dirobohkan oleh sahabat Malik Bin Duhsyum atas perintah Rasulullah SAW.

Ia mengungkapkan bahwa penyebab desakan warga setempat agar di cabutnya IMB Mesjid Ahmad Bin Hanbal adalah karena isi kajian yang dilakukan oleh Yazid Jawas yang merupakan Imam besar mesjid tersebut, disinyalir telah memicu perpecahan ummat. Ia mengatakan bahwa shalawatan, ziarah kubur, tahlilan, tawasul dan acara Haul adalah kegiatan Bid'ah, Musyirik serta sesat.

Menurutnya, Yazid Jawas juga menganggap sesat Asy'ariyyah, yang diikuti oleh ummat muslim sedunia. Ia juga menganggap sesat golongan Maturidiyyah dan golongan Tasawwuf

Selain itu menurut mereka, Yazid Jawas juga menganggap sesat jamaah jamaah Tabligh, Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir dan Jamaah Arqam.

Yazid Jawas beberapa kali berselisih dengan sejumlah kelompok Islam lainnya. Ia juga pernah berselisih dengan Habib Rizieq Shihab yang menganggap dakwah Yazid Jawas bisa memecah belah umat.

Name

artikel,143,cerpen,1,duniaislam,4,foto,2,internasional,79,kisah,50,konsultasi,1,kultum,28,nasional,142,opini,66,sejarah,23,video,11,
ltr
item
ALAM ISLAM: Dianggap Memecah Belah Ummat Islam, Mesjid Wahabi Yazid Jawas ini Dicabut Izinnya
Dianggap Memecah Belah Ummat Islam, Mesjid Wahabi Yazid Jawas ini Dicabut Izinnya
Mesjid sunni wahabi yang dibina oleh yazid jawas dicabut IMB karena dianggap memecah ummat Islam
https://4.bp.blogspot.com/-LD8aBeeHhhk/WrMiv3OjGaI/AAAAAAAAB40/tk_CE2R26_UG7i_w3n0BxVf6RN9IXASEgCK4BGAYYCw/s1600/mesjid%2Byazid%2Bjawas.png
https://4.bp.blogspot.com/-LD8aBeeHhhk/WrMiv3OjGaI/AAAAAAAAB40/tk_CE2R26_UG7i_w3n0BxVf6RN9IXASEgCK4BGAYYCw/s72-c/mesjid%2Byazid%2Bjawas.png
ALAM ISLAM
http://www.alamislam.com/2018/03/dianggap-memecah-belah-ummat-islam.html
http://www.alamislam.com/
http://www.alamislam.com/
http://www.alamislam.com/2018/03/dianggap-memecah-belah-ummat-islam.html
true
4345512471650341497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy