logo blog

Film Bilal Siap Dakwahkan Amerika, Salafi: Itu Produk Yahudi!

Bilal the movie dikecam salafi penganut ajaran wahabi khawarij penggemar ceramah Khalid Basalamah.
Ayman Jamal (berjubah), Founder Barajoun Entertainment berpose saat peluncuran film Bilal

Alam Islam Dubai - Film kepahlawanan Islam berjudul Bilal disebut akan siap mengguncang Hollywood dalam beberapa minggu ini. Sejumlah sumber menyebut bahwa di Amerika akan tayang pada bulan Februari 2018.

Trailer film animasi dakwah yang ramah anak-anak ini telah diunggah dengan judul Bilal: A New Breed of Hero dan baru saja dirilis di Amerika Serikat pada 15 Januari lalu dan bertepatan dengan Hari Martin Luther King Jr.

Hal tersebut dianggap sesuai dengan tujuan yang ingin ditampilkan di film ini, yaitu sejalan dengan perjuangan Martin Luther King untuk membangkitkan kaumnya dari penindasan dan diskriminasi rasial.

Film animasi ini mengambil tokoh sentral para Shahabat bernama Bilal bin Abi Rabah Radhiyallahu Anh. Salah seorang sahabat yang menjadi penolong dakwah Rasulullah SAW. Dan Bilal telah dijanjikan masuk surga semasa hidupnya.

Film tersebut dibuat dengan sejumlah riset mendalam oleh peneliti, untuk memastikan kejadian-kejadian yang direka ulang dalam layar animasi adalah akurat, yang mengambil nuansa 1400 tahun lalu.

Sejumlah pengamat film Islam berharap film tersebut bisa membuat generasi Islam akan lebih mengenal kehidupan para sahabat Bilal yang mulia. Dimana ia adalah pahlawan sejati, walaupun tanpa topeng dan tanpa kekuatan super.

Terkait dengan peluncuran film tersebut, seorang penganut dakwah sunnah (salafi) menyebutkan bahwa film tersebut tidak perlu ditonton karena tidak sesuai dengan sirah. Menurutnya, lebih baik mendengarkan sirah dari para ustadz yang sudah jelas manhajnya.

"Saya dulunya suka sekali nonton film berbagai genre mulai dr Holywood, Bolywood, hingga drama korea, bahkan rela tidak tidur dan tidak makan karna saking asyiknya. Alhamdulillah... sejak mengenal kajian sunnah saya mulai berusaha berlepas diri dr segala macam film genre apapun itu..., genre islami sekalipun. Dan film Bilal ini, dr awal muncul trailernya saya sama sekali tidak penasaran dan tidak tertarik. Bagi saya...Nabi dan para sahabat adalah sosok yg mulia... tidak layak di ilustrasikan/digambarkan dg sosok tertentu, seindah apapun gambar itu, menurut saya itu tidak terpuji. Cukup bagi saya mengenali dan mencintai mereka dg hati, tidak perlu dilukiskan dg gambar. Setiap kali mendengar dan membaca kisah para sahabat dari asatidz dan buku sirah2nya, pasti hati ini bergetar lalu menangis karna kekaguman terhadap keimanan mereka, tauhid mereka, 😭😭😭yg tdk akan saya dptkan ketika cerita itu diubah dlm bentuk film.Sirah Nabawiyah Ahsan di dengar di masjid2 dan yg menyampaikannya juga ustadz yg sdh jelas manhajnya, atau baca di buku2 yg sdh recomen penerbitnya. Bukan didpt dr bioskop2 yg notabene produk Y..H..I..yg tujuan utamanya adalah Utk menghancurkan generasi kaum muslimin dgn membuat cerita2 kurofat," tulis salah seorang jamaah salafi yang tak disebutkan namanya di laman facebook pada Rabu (7/2).

Komentar tersebut dikritik oleh sejumlah warganet. Mereka menyebutnya kurang bijak dalam mereview film yang dibuat untuk tujuan dakwah di mancanegara.

"Jangan sembarang menyebar review film Bilal yg dalam bahasa Inggris... karena ada yg versinya dalam bahasa Arab.. dan itu berbeda. Anda sudah nonton yg berbahasa Arab? Cek ricek dulu sebelum menyebarkan fitnah," ujar Lenny Aslim.

"Harus liat bahasa asli film ini juga lah. Memang aslinya pake bahasa arab atau inggris. Kalo ke negara arab malah di ubah jadi ahad ahadun. Bisa saja karena permintaan negara tersebut saat di dubbing. Masalahnya lagi.. Di indonesia pake versi inggris atau arab. Terus okelah soal ahad ahad itu ada. Yg lainnya. Memang sama atau tidak dengan kehidupan bilal. Film itu kan kalo dr kisah nyata. isinya hampir di pastikan akan ada perubahan ini itu untuk membuat ceritanya lebih menarik. Ya dengan membelokkan sedikit kisah aslinya. Allahuallam," sebut Bandhi Abstar.

"Perhatikan judul kecilnya, a new breed of hero. Brrti tema nya superhero, keluar dri konteks keagamaan. Laen cerita klo judulnya Bilal:suara adzan paling merdu, atau yang pertama x kali adzan, tp di film ga ada adzannya, baru ente bsa komplain. Smart peopple aja lah, orang twilight saga aja lo tonton. Emng vampir ada.??," jelas Dyon Ciel.

"Karangan cerdas dikit lah ya, mimin yg terhormat. itu animasi yg buat bukan orang muslim, lalu anda menginginkan ada nuansa islam disana?? logikanya dimana?? apakah kisah tentang Bilal itu cuma 1 orang saja Bilal didunia ini?? mikir lagi.. tentang film NOAH, yg buat itu orang Nasrani, trus anda menginginkan ceritanya sesuai kitab anda?? ya wajarlah kalo pake kisah di Alkitab..kan zaman Nuh memang parah dosa manusia, sampai air bah itu didatangkan..ada adegan gaynya?? anda pikir gay itu cuma ada di zaman now?? gak lah bego.. daridulu emang sudah ada perilaku seksual yang menyimpang..mw kritik film itu buatlah kritik sesuai logika.. jika anda menginginkan animasi yg sesuai alquran dan bernuansa muslim.. buatlah sendiri..," kritik Maryono Lambe.


Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon