logo blog alam islam

Najwa Shihab Ditantang Undang Jokowi Setelah Dianggap Sudutkan Anies

Najwa Shihab ditantang undang Jokowi setelah sudutkan Anies
Najwa Shihab saat menemani Jokowi keliling perpustakaan tertinggi di dunia

Alam Islam Jakarta - Setelah mengundang Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dalam acara Mata Najwa  pada Rabu (24/1), presenter Najwa Shihab dikritik warganet karena dianggap tidak proporsional dalam mengajukan pertanyaan sehingga sangat membatasi jawaban Anies.

Presenter sekaligus jurnalis yang pernah mengisi acara Metro TV tersebut dianggap tidak mencerminkan sebagai seorang jurnalis, melainkan seperti penyidik dalam acara yang bertema 100 Hari Anies-Sandi memerintah Jakarta tersebut. Sampai-sampai di media maya beredar statistik porsi waktu pertanyaan Najwa dan jawaban Anies. Dalam grafis tersebut tergambar bahwa hampir tiap 30 detik jawaban Anies selalu disela oleh Najwa. Selain itu para warganet juga mengomentari kelakuan Najwa dalam talkshow tersebut.

Najwa Shihab ditantang undang Jokowi setelah sudutkan Anies
Grafis Mata Najwa

"Kerenn nih ada yg bikin statistiknya. Jika statistik ini akurat, Anies hanya diberi kesempatan bicara 33 menit dan ada 96 kali interupsi Najwa. Artinya nyaris tiap 30 detik disela Najwa. Itu tanpa menghitung pertanyaannya sendiri. Anies habiskan waktu 33 menit dan Najwa 21 Menit yg kira2 hampir sebanding. Artinya waktu yg diberikan ke Anies nyaris sama dengan waktu yg digunakan Najwa sendiri utk bertanya. Para Anchor dan host talk show kelas dunia mulai dari Oprah, Ellen, Oksana Boyko, Cenk Uyghur, Max Kaiser, Becky Anderson tak ada yg spt ini," tulis warganet bernama Shalahuddin Ahmad di laman facebooknya pada Kamis (25/1).

"Kita tantang Mata Najwa undang JKW-JK untuk “Evaluasi 3 Tahun Pemerintahan!” (Tentu lebih banyak bahan untuk menghajar, dibanding yang baru 100 hari). SETUJU ?????!," ujar Tara Palasara.

"Bikin acara monolog aja najwa, biar tanya jawab dan interupsi sendiri. Seluruh durasi milikmu," ujar Indrie Theorie.

"Saya tidak mengerti nampaknya dinegara ini "tidak ada standar" reportase dan penyiaran yang benar, sehingga orang "narsis dan tak proporsional serta profesional" bisa jadi reporter, saya koreksi sedikit pak Shalahuddin Ahmad, bukan 30 detik tapi nyaris tiap 20 detik disela terus. Mungkin Najwa ingin memecahkan rekor talkshow paling banyak interupsi moderator, bukan hanya di Indonesia, tapi nampaknya juga yang sulit dipecahkan oleh siapapun juga di dunia, mumpung di Negara kita tak ada aturan bagi yang "menyerang yang tak sejalan dengan rezim", bahkan bisa dibilang kepahlawanan (bagi yang tak beradab). Mungkin juga Najwa target membuat rekor 100 kali interupsi "memperingati 100 hari pemerintah baru DKI", namun ternyata waktulah yang membatasi. By the way congratulation untuk pertama kalinya reporter dan Nara Sumber mengisi waktu/durasi yang hampir berimbang dalam suatu Talkshow," kritik Abdullah Asseqaff.

"Kabur aja dr nonton ditran 7 , masukin dlm daftar black list utk menonton trans7," ungkap Ahmad Fatahillah.

"Ganti nama aja talk show-nya, dari najwa oleh najwa," seru Mayafaha Marwiyah. 

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon