logo blog

Cara Mendidik Anak Laki-Laki

Cara mendidik anak laki-laki dan perempuan dalam Islam.
ilustrasi

Alam Islam - Para orangtua perlu soleh dulu sebelum mengharapkan anak mereka menjadi soleh.
Sering kita terdengar dan berkata "beruntung sekali kamu! Ada anak soleh yang mau mendoakan kamu setelah kamu meninggal kelak".

Sebenarnya, sifat anak soleh merupakan nikmat yang senantiasa utuh bila pandai diurus dengan baik.

Untuk merealisasikan maksud hadis di atas, maka berlomba-lombalah para orang tua untuk mengantar anak-anak mereka ke pusat pengajian, pondok pesantren atau sekolah agama.

Pada satu sisi tindakan ini bisa jadi sebagai satu sikap defensif orang tua yang merasakan amalan mereka masih kurang cukup untuk menjadi sukses di alam barzakh kelak. Oleh karena itu, langkah termudah yaitu dengan menghasilkan anak-anak yang soleh yang mampu mendo'akan mereka.

Pada sisi lain, itu merupakan manifestasi rasa terima kasih para orangtua terhadap orangtua mereka yang sudah berhasil mendidik mereka menjadi anak yang soleh.

Lalu anugerah soleh itu diteruskan kepada anak-anak mereka sendiri agar berkelanjutan sifat soleh kepada generasi berikutnya.



Namun demikian, kita terkadang lupa satu aspek lain yang wajib dimiliki oleh orangtua itu sendiri.

Berdasarkan agama Islam, bukan anak-anak saja yang perlu menjadi soleh, orangtuanya juga harus soleh.

Orang-orang yang beriman akan ditempatkan di dalam syurga bersama dengan ibu bapak dan anak cucu mereka sebagai salah satu bentuk ni'mat dan hiburan kepada mereka.

Bahkan Allah akan mengangkat derajat orangtua karena doa anak-anak mereka, begitu juga meninggikan derajat anak cucu dari hasil amalan orangtua (Tafsir Ibn Kathir).

Menurut Imam al-Razi, ayat ini juga menjadi bukti bahwa kasih sayang orantua yang beriman akan kekal hingga akhirat nantinya (Tafsir al-Razi).

Walau bagaimanapun nikmat ini hanya dikhususkan untuk orangtua dan para anak yang sama-sama beriman dan meninggal dalam keadaan iman saja.

Selain itu, sejarah membuktikan bahwa orangtua yang soleh memang bisa memberikan manfaat kepada anak-anak mereka.

Contohnya, Allah telah menyelamatkan harta anak-anak yatim yang ada di balik dinding yang hampir runtuh di dalam kisah pengembaraan Musa dan Khidir di dalam surah al-Kahf ayat 82.

Tentu saja, jangan hanya berharap anak-anak saja menjadi soleh untuk berlaku adil kepada ibu-bapa kita yang telah meninggal dunia. Kita adalah anak, mereka juga membutuhkan amal soleh kita untuk membantu mereka. Dalam hidup, jangan lepaskan kesempatan untuk sama-sama menjadi orang pilihan Allah di akhirat nantinya.


*dari berbagai sumber.

Comments
1 Comments

1 komentar:

PROMO BONUS THR 100.000 LEBARAN DI BOLAVITA
Kesempatan terbaras hanya untuk 100 ID setiap hari


EmoticonEmoticon