logo blog alam islam

Bunga Bank, NgeRIBAnget!

Bukti bunga atau riba dilarang dalam agama Islam dan Kristen.
ilustrasi

Alam Islam - Bunga, bukan nama sebenarnya. Huff! kayak nama korban yang sering ditulis wartawan di koran aja. Dalam sebuah seminar, Ustadz Samsul Arifin pendiri komunitas "Pengusaha Tanpa Riba" pernah berkata:

"Bapak ibu semua, kalau pinjam uang ke bank pasti dijelaskan.. Pinjam segini, bunganya segini, betul kan? Pernah gak sih petugasnya berani bilang: bapak kalau pinjam segini, ribanya segini.."

Semua peserta langsung diam sambil senyum kecut..
Kawan saya mbak Lita Mucharom waktu belum hijrah dulu juga mencari tabungan dengan bunga setinggi-tingginya, pas ketemu ustadz Samsul Arifin dipancing balik: "ada gak sih tabungan yang bunganya nol.. Saya mau tuh kalo ada"

"Ini orang aneh bangeeett sih! Nyimpen uang di deposito itu tuh biar uang kita berkembang buanyaak! Uangnya beranak pinak. Eh ini orang malah nyari yang tanpa bunga.." Hehe, begitu tuh yang dipikir mbak Lita.

Kalau melihat kartun di bawah ini kamu dah bisa membaca kan, dalam sistem bank di dunia, bunga harus dibebankan setinggi-tingginya, terus kembalikan sekecil-kecilnya kepada penabung.. Selisihnya ya buat keuntungan sistem bank tersebut.

Sebenarnya kalau mau berkiblat sudah ada contohnya, Al Rajhi bank Islam terbesar di dunia, pemiliknya adalah Sulaiman Al Rajhi, orang terkaya ke 120 di dunia dengan kekayaan 7,7 Milyar Dollar di tahun 2011.

Di awal berdirinya Al Rajhi bisa menyakinkan bank-bank central besar di dunia termasuk bank Central of England bahwa sistem bunga sangat dilarang dalam agama Islam dan Kristen.

Al Rajhi Bank mengembangkan uangnya dalam proyek-proyek besar dari perkebunan, pertanian hingga perikanan, bukan dikembangkan lewat pinjaman bunga-berbunga kepada nasabahnya. Yang keren Sulaiman Al Rajhi justru mewakafkan mayoritas kekayaan, dia memilih hidup sederhana. Baca-baca kisahnya di sini.

Masih ada yang nanya, Mas mana buktinya kalau bunga eh riba dilarang dalam agama Islam dan Kristen?

Ini nih, coba aja baca beberapa ayatnya:
ISLAM
"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memakan RIBA dengan berlipat ganda dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung"
[QS. Ali 'Imran: Ayat 130]

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa RIBA (yang belum dipungut) jika kamu orang beriman. [QS. Al-Baqarah: Ayat 278]

Jika kamu tidak melaksanakannya, maka umumkanlah perang dari Allah dan Rasul-Nya. Tetapi jika kamu bertobat, maka kamu berhak atas pokok hartamu. Kamu tidak berbuat zalim (merugikan) dan tidak dizalimi (dirugikan). [QS. Al-Baqarah: Ayat 279]

Kalo KRISTEN?
Yehezkiel 18:13
"memungut bunga uang dan mengambil RIBA, orang yang demikian tidak akan hidup. Segala kekejian ini dilakukannya, ia harus mati, darahnya tertimpa kepadanya sendiri."
Ulangan 23:19
"Janganlah engkau MEMBUNGAKAN kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan atau apapun yang dapat dibungakan."

Dan masih banyak ayat-ayat lainnya yang melarang keras praktek bunga (bukan nama sebenarnya itu..)
Saya pernah mendatangi rentenir waktu ada pasien yang sakit parah di ‪#‎SedekahRombongan‬. Dia dengan pedenya ngomong begini:

"Pinjam kalo 5 juta ya nerimanya 3,8 juta. Yang 1,2 juta buat biaya survey dan adminitrasi! BUNGAnya 10% perbulan.."
Huuff! Bener-bener ngeRIBAnget!!

Selamat merenung!
@Saptuari

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon