logo blog alam islam

Ustadz Arifin Ilham: Dua Istri Akur Itu Jauh Lebih Baik Daripada Satu Tapi Ribut Terus


Alam Islam - Setelah menjalani kehidupan monogami selama dua belas tahun, dai yang kerap mengenakan pakaian serbaputih ini memutuskan menikah yang kedua pada tahun 2010. Qadarullah, hingga kini dan semoga sampai akhir hayatnya, kehidupan ketiga anak manusia dan anak-anaknya ini terlihat sangat harmonis. Bahkan, sosok dai yang pernah menetap di bilangan Depok Jawa Barat ini tak segan-segan mengajak kedua istrinya ke hadapan jamaahnya dan kaum Muslimin negeri ini.

Banyak hikmah dari poligami yang dijalani Ustadz M. Arifin Ilham ini. Berikut ini kami rangkumkan nasihat-nasihat terkait salah satu sunnah Nabi yang telah beliau jalani selama lima tahun ini. Nasihat ini kami rangkum dari beberapa kajian yang langsung kami ikuti dan rekaman-rekaman taujih dai asal Banjarmasin ini.

Harapannya, kaum Muslimin bisa melihat poligami secara adil. Yaitu meletakkannya sebagaimana ianya diperintahkan; bukan atas nama perasaan belaka.

Hal yang pertama kali beliau sampaikan, jangan poligami karena ‘enaknya’ saja. Sebagai salah satu sunnah, hendaknya kaum Muslimin yang berniat melakukannya benar-benar mempersiapkan diri dengan istiqamah dalam melakukan sunnah-sunnah Nabi yang lain.

Sebelum memutuskan mengambil jalan poligami, pesan beliau, istiqamahlah dalam menjaga wudhu, senantiasalah shalat berjamaah di masjid, jangan tinggalkan shalat Dhuha dan Tahajjud, teruslah membaca, menghafal, dan berusaha mempraktikkan ajaran al-Qur’an, biasakan diri dalam dakwah dan jihad, jangan tinggalkan infaq, dan aneka sunnah-sunnah mulia lainnya.

Pasalnya, dai yang juga memimpin Majlis az-Zikra ini sudah pernah melakukan berbagai jenis sunnah Nabi tersebut. “Hanya poligami yang belum,” terang beliau. Istri-istri, anak-anak dan jamaah dzikirnya menjadi saksi betapa beliau adalah sosok yang amat menjaga sunnah Nabi. Semoga Allah Ta’ala berikan keistiqamahan kepada beliau hingga akhir hayatnya.

Dengan berkelakar, beliau menyampaikan, “Apakah suami harus libur juga jika istri sedang libur karena datang bulan?”

Beliau juga mengatakan, “Jika para Muslimah mengakui kehebatan dan keshalihan suaminya, jangan egois. Bukankah Muslimah-muslimah lain juga berhak merasakan kebahagiaan yang Allah berikan dengan perantara suami Anda?”

Apalagi, fakta bahwa jumlah Muslimah jauh lebih banyak dari jumlah Muslimin amat nyata. Dan, begitu banyak Muslimah matang yang harus menyepi sendiri di setiap malam dalam sujud dan munajat panjangnya.

Poligami sering dijadikan kambing hitam. Selalu disalahkan. Padahal, letak kekacauan rumah tangga bukan pada poligaminya. Tetapi terletak pada individu-individu yang terlibat di dalamnya.

Bukankah fakta berbicara, amat banyak pernikahan monogami yang berantakan dan berujung pada perceraian? Bukankah tak sedikit suami-suami yang mengabaikan hak istrinya, padahal jumlahnya hanya satu?

Di sisi lain, apakah tak cukup bukti bahwa begitu banyak poligami yang berdampak positif bagi individu dan masyarakat sekitar juga kaum Muslimin secara umum?

“Dua istri akur itu jauh lebih baik dari satu istri tapi ribut terus.” tutur dai yang kini menetap di Bogor Jawa Barat dalam salah satu ceramahnya.


Sumber: Keluarga Cinta 
Comments
92 Comments

92 komentar

Poligami halal. Berkah jika dijalani sesuai syariat

Tidak masalah poligami. Yg jadi masalah adalah niatan awalnya.

Tidak masalah poligami. Yg jadi masalah adalah niatan awalnya.

ppret najis nyari poligami yg mulus2 dasar gatel

hitungannya hrs adil, kalo hitung wanita yg tdk menikah, lihat jg laki2 yg jd gay, banci, dst. Soal halangan bulanan, itu bukan alasan krn Allah yg menciptakan itu dan laki2 jg diciptakan dgn akal agar mampu mengendalikan nafsunya, hidup bukan hanya soal sex......

setahu saya nabi menikah dengan janda2 miskin ,,,,,,tp skrng ....???

Nabi menikah dengan janda2 yang sudah tua..bukannya gadis belia yang masih mulus, nabi kan menikah dengan perempuan yang tidak diplih dengan laki2 sampai tua menahun, bukan belia yg masih mulus...bilangnya akur...coba tnya dengan istri dihati dy terdalam..apa iklas...dkit2 poligami..ikut sunah rasul

aiih abis coblos disana trus coblos disini.. ngebayanginnya gimanaa gituuu...jiji ah.. mending ngga diduain deeh...

This comment has been removed by the author.

Setuju karena poligami tidak menyelisihi sunnah

tapi gmana sihh.. satu aja ribut terus apalagi lebih..

Jadikan poligami itu bak pintu darurat dipintu pesawat. Selain itu menurut saya berbau syahwat. Komentar Arifin Ilham :Dua istri akur itu jauh lebih baik dari satu istri tapi ribut terus, menurut saya salah kaprah. Bagi saya istri bukan sekedar pasangan tetapi soulmate dimana keduanya sepakat bahwa dunia ini hanya boleh dinikmati oleh kita berdua tanpa kehadiran lelaki atau perempuan lain.

Jadikan poligami itu bak pintu darurat dipintu pesawat. Selain itu menurut saya berbau syahwat. Komentar Arifin Ilham :Dua istri akur itu jauh lebih baik dari satu istri tapi ribut terus, menurut saya salah kaprah. Bagi saya istri bukan sekedar pasangan tetapi soulmate dimana keduanya sepakat bahwa dunia ini hanya boleh dinikmati oleh kita berdua tanpa kehadiran lelaki atau perempuan lain.

Yg bisa punya suami ya beruntunglah, bgmn yg ga punya suami?kalo poligami aja di cela...
Perbandingan laki dan perempuan bisa lebih dr 1 banding 4 di masa mendatang. Kasian yg ga dpt suami, mau nikah sama siapa

Maksudnya si arifin ilham itu admin.. emang harus istiqfar.. kita bilang subhallah kalo istri kedua, ketiga atau keempat dia sudah tua dan jelek

Cermin wanita yang rapuh. takut jadi perawan tua. takut tidak ada yang melindungi.. Padahal Allah menciptakan perempuan bukan untuk menjadi kaum yang lemah. Perempuan muslim harus mandiri, tegar dan cerdas hingga tidak jadi sekedar tunggangan kaum lelaki melainkan punya posisi yang sejajar baik dalam tanggung jawab maupun kewajiban. Lagipula Nikah tidak diwajibkan meskipun semua orang berusaha. Berusaha artinya mencari yang terbaik dan yang terbaik itu bukan menjadi istri kedua apalagi ketiga atau keempat atau gundik.

Enak banget ngomong yak. Udah tau Rasulullah berpoligami dengan janda-janda tua, karena niat Beliau menikahi pada masa sulit jaman itu (jaman perang, banyak janda miskin dan tua) memang untuk membantu, bukan sex. Ini mah...justifikasi enak benerrrr...tebar syahwat atas nama agama. Jadi public figur keagamaan pake baju putih, ngoceh kayak paling suci sendiri. Bikin duit dari situ, pulak. Geli! Gak malu tu muka?

semestinya wanita lah yg hrs kampanye kan poligami demi kaumnya "wanita", mereka kebanyakan tdk punya belas kasihan terhadap kaumnya yg jd perawan tua... laki-laki kurang pantas disalahkan terkait poligami, why? karena banyak laki-laki mapan yg sanggup hidupi sampai 4 wanita (itu maksimum lho) tapi menjadi tdk tertarik utk poligami karena wanitanya tdk mau membuka mata hatinya terhadap kaumnya "wanita" yg jd perawan ampe tua. ***mikiiirrr***

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

Mantappp sekali ustadz, baarakallaahu fiikum

Wauw aza dech...
Soalnya keduanya mulus2..
Blm ada d Indo poligami sm yg tua & sgt bth d jagai...

Byk yg jd perwan tua kl gk poligami ya...ehmmm... truzzzz....kyaknya nurut gue ntar byk jg yg jd jande krna cere gkmau dipoligami.. haha

Istri nabi yang perawan hanya Aisyah ra. tapi istri2 yang lainnya semuanya cantik dan terhormat walaupun janda. Ustadz dapet jodoh(rezeki) wanita muda karena memang sudah takdirnya, kalau ustadz takut nikah karena takut dicela umat berarti itu ustadz bohongan. Sudah tabiat wanita itu lebih egois dibanding laki2, bisa dilihat di gerbong kereta khusus wanita dimana wanita lemah (tua, hamil, menyusui dan punya anak kecil) sering tidak mendapat tempat karena wanita kuat selalu tidak mau mengalah.

Coba skrng giliran istri tua istri muda suruh dakwah..gmn rasanya jd istri tua/istri muda.pasti ada rahasia yg dipendam dlm hati..yaitu..sakit hati.

Coba skrng giliran istri tua istri muda suruh dakwah..gmn rasanya jd istri tua/istri muda.pasti ada rahasia yg dipendam dlm hati..yaitu..sakit hati.

semua laki2 normal pasti cemderung ingin punya pasangan lebih dari satu.. baik sah maupun skedar selingkuh.. smua wanita normal jg cenderung tidak mau di madu.. smua itu butuh kearifan dalam menyikapinya... ketidak puasan akan dunia hanyalah datang dari pikiran dan hati manusianya saja.. ALLAH MAHA TAU KEBUTUHAN TERBAIK CIPTAANNYA..

Baarakallaah, Ustadz. Seperti kata beliau, kembalikanlah poligami sebagaimana ia disunnahkan, bukan berdasarkan pikiran atau perasaan belaka. Semoga semakin banyak laki2 sholeh dan mampu yang diberi hidayah, sehingga dapat menda'wahkan salah satu sunnah yang mulia ini.

Itu pilihan bagi laki laki dan wanita. Kalau yg sdh siap dan ikhlas ya silahkan. Yang ppenting tidak mengingkarmengingkari ayat Al Quran. Yang jelas perlu pertimbangan yg matang. KKalau atas dasar nafsu ya terus berargumen sesuai keinginan diri.

Itu pilihan bagi laki laki dan wanita. Kalau yg sdh siap dan ikhlas ya silahkan. Yang ppenting tidak mengingkarmengingkari ayat Al Quran. Yang jelas perlu pertimbangan yg matang. KKalau atas dasar nafsu ya terus berargumen sesuai keinginan diri.

billahi...wallohi...tallohi...pak arifin ilham BERPOLIGAMI...karena nafsu lelakinya yang membara.Bukan niat menjalankan SUNNAH ROSUL.
Coba sekarang kalo beliau menjalankan sunnah SHOUM aja dengan istiqomah dan benar...saya yakin seyakin yakinya BELIAU gak akan poligami...karena nafsu hewaninya telah mati oleh shoum....berfikirlah....jangan cuma argumentasi...

Sayang sekali sekarang tidak ada figur ulama muda yang menjadi panutan. Yang tersisa sudah uzur seperti Syafii Maarif. Ada yang naik daun jadi panutan tapi kharismanya hancur begitu main perempuan. Ini daftarnya :

1. Kossim Nurseha, ancur citranya karena poligami dan dekat dengan keluarga cendana.
2. Zainuddin MZ, disaat terakhir terkena skandal perempuan dan main politik.
3. Abdullah Gymnastiar- poligaminya membuat lingkungan masjid seikitar gulung tikar, jemaah wanita menjauh termasuk istri tuanya yang tadinya sok tegar akhirnya gugat cerai.
4. Nur Iskandar SQ - poligami kemudian menikahi janda cantik pelaku kerusuhan priok Amir Biki.
5. Oma Irama- berkali kali poligami dan sekarang menjadi cibiran publik mendirikan parti cinta.
6. Arifin Ilham yang pamer poligami setelah dana dari Libya terhenti karena Muammar Khadafi yang memberinya dana digulingkan.

Kalau djunjunganya lurus, ada pengikutnya yang jadi penjahat kelamin org berkata itu oknum. Kalau djunjungannya penjahat kelamin. Anak kecil umur 6 tahunpun diembat dan dientotnya juga dan ada pengikutnya yg jadi penjahat kelamin. Org berkata buah jatuh tak jauh dr pohonnya.

sunnah rasul yang mana ia lakukan pak?? dengan menikahi wanita muda dan cantik??

coba liat jamaah nya skng?? waktu dia monogami, kalu ada dzikir beliau...ribuan umat berbondong2 datang lebih awal, sekrnag??? malah dia yng menunggu umat nya.. itulah dampak dia poligami!!..

Allah dibawa2 tp komentar nya kasar. Mending mas nya yg shaum trus tahan nafsu yg istiqomah baru ajak orang, ishaAllah saya ikut shaum. Ustadz jalanin sunah juga kalo saya sanggup saya juga mau tapi saat ini belum cukup harta, waktu dan kasih sayang

setujuu....yang sekrng lebih muda dan seorang mahasiwi...amazing....

Istigfar mas, ustadz di cela kualat nanti

This comment has been removed by a blog administrator.

Hanya Allah SWT yang tahu tulus tidaknya niat seseorang untuk menjalani sunah baik itu suami ataupun istri. Jadi biarlah yang menilai semua itu hak nya Allah SWT semata karena itu semua pasti dimintai pertanggungjawabannya..kalau istri ikhlas akan mendapatkan surga & kalau suami tulus & adil maka surga juga balasannya..Jangan berprasangka buruk thd org lain karena belum tentu yg berprangsangka buruk itu lebih baik drpd org yg dituduhkan itu di mata Allah SWT..

Ustadz bukan Rasul toh? Kenapa takut dikritik kalo emang faktanya demikian? Kenapa Anda yang sewot? Saya juga muslim, tapi muak hari2 liat orang kayak gitu. Ria suci, omongan langit, ujung2nya syahwat dan partai politik (pun jika belum keliatan sekarang). Ngais duit dari situ pula. Macam gini minta respek? Meh. Kicau marbot masih lebih punya bobot.

Bahkan sunah rosulpun dijadikan kambing hitam tuk mncari yg lbih muda & lbih cantik.......pdhl dblknya ada nafsu tersamarkn.

Di dunia ini alasan apa saja benar...mau ini mau itu... Tapi ingat saat kematiaan menjemput... Apalah isteri 1,2,3,4 dan dan dan...

Kenapa pada sewot ya... Memang anda lebih baik dari ustad arifin ilham, memang anda lebih menjaga diri dari maksiat dari beliau, memang kalian lebih shalih dari beliau... Ya biarkan saja tho... Mbok yang tawadlu', jangan memaki orang, apalagi dak gentle gak berani nunjukkan jati diri...

Kok terdengar egois yah ngebaca kalimat "apakah suami harus libur juga ketika istri sedang datang bulan?" So,, kalo istri pertama dan kedua lagi berhalangan barengan jadi si bapak solusinya apa? Istighfar pak...

Yang benar adalah kasih karena Tuhan adalah kasih.punya istri dua atau lebih itu tidak ada kasih, itu menunjukkan roh egois, roh seksual, dan roh najis yang dikendalikan iblis dan malaikatnya.

Mas yang namanya nafsu kalau disalurkan kepada yang bukan tempatnya (selingkuh atau zina) itu yang haram. Kalau disalurkan kepada tempat yang semestinya (istri sah) itu berpahala. MIKIRRRR...

ada kan haditsnya...

Klo blm sanggup berpoligami...bahagiakanlah dgn satu istri

Mas yang namanya nafsu kalau disalurkan kepada yang bukan tempatnya (selingkuh atau zina) itu yang haram. Kalau disalurkan kepada tempat yang semestinya (istri sah) itu berpahala. MIKIRRRR...

ada kan haditsnya...

Surah Al-Ahzab:50

Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau mengawininya, sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang isteri-isteri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Surah Al-Ahzab:50

Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau mengawininya, SEBAGAI PENGKHUSUSAN BAGIMU, BUKAN UNTUK SEMUA ORANG MUKMIN. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang isteri-isteri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Kita mungkin kurang soleh dari Arifin Ilham. Itulah sebabnya kita mencari figur figur ulama yang bisa dijadikan panutan dan membimbing kita supaya lebih beriman dan ibadah kita tambah hebat.Kita ingin figur yang menjadi panutan. Tapi ketika figur yang tadinya kita kagumi tiba tiba main perempuan atas dalil agama, maka memang kita tinggalkan dia.. kita biarkan dia.. tapi tidak akan kita biarkan dia untuk memperdayai kita. Kita tidak ingin orang yang punya ilmu agama tinggi tapi tidak sanggup menahan syahwat dibalik sarungnya mencari pembenaran tindakan mereka dari Al Quran.

surat itu untuk nabi bukan untuk arifin ilham. jadi gak valid boss

Apa benar bu?jamaah nya berkurang stlh berpoligami?

"Apakah suami harus libur juga saat istri libur karena datang bulan? " kelakar arifin ilham.... Jadi motifnya kr sexual toh....ckckck... Trus hasil ibadah2 sunah yg udah dilakuin sbelumnya ga bisa ya ngerem nafsu syahwat pak ????

.

Dalam Islam diajarkan untuk menjaga pandangan terhadap lawan jenis. Adab pergaulan dg lawan jenis sangat diatur dlm Islam. Jd jgn cuma ngbanggain ibadah sunnah aja ustadz, klo ga bisa jaga pandangan. Knp yg dipilih wanita muda yg cantik?.. Yg mau sama wanita ini bnyk kaleee... Ga konsisten bgt dg ucapan bnyk muslimah matang yg menyepi menyendiri... Jujur aja lah klo poligami mu kr ga bisa nahan nafsu...ga usah nyombongin ibadah yg blm tentu bkualitas...ga usah sok pahlawan dg ingin bela muslimah yg jumlahnya bnyk... Ga usah sok ga egois dg bilang muslimah jgn egois klo suaminya sholih dan hebat hrs mau berbagi suami...jd anda dah merasa hebat ya sbg suami???? ... Tp suami yg hebat kok tega menyakiti istri yg sholehah, sudah mlahirkan dan mengasuh anaknya, menemani selama 12 thn??... Yg kaya gini hebat ustadzzz ?..

Ni org kan sll berusaha nampilin kluarga poligami yg harmonis.... Eitsss tunggu dulu... Klo pencitraan macam bgini biasanya mlh ga sesuai dg kondisi sebenarnya. Cm topeng. Dalam rumah tangga ga mungkin slamanya harmonis, ... Konflik ato ga akur wajar bgt...jd klo dia bilang lebih baik 2 istri tp akur, daripada 1 tp ga akur...waduh ga realistis deh. Yg punya 1 istri tp akur juga bnyk lho.... Liat aja angka perceraian ga sebanyak angka pnikahan yg awet kok... Berapa bnyk sih ayah ibu kita yg bcerai? Tetangga yg bcerai??... Masih bnyk org yg komit dg pnikahannya dan hnya dg 1 istri. Jangan mau deh dibohongin ma ustadz bertopeng ini

Liat nih kelakuan arifin ilham ngelarang rokok nyuruh bini banyak...gemblung http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2013/08/23/6008/arifin-ilham-mujahidin-itu-anti-rokok-beristri-banyak.html

perempuan yang bodoh saja rela dilacurkan begini

This comment has been removed by a blog administrator.

Kamu itu iri krn kamu sendiri, kalau kamu laki2, tdk mampu dan tdk berani melakukannya. Benerkan, kalau kamu lak2 pasti setuju.

Memang sdh khatam sejarah hidup rasulullah? Yg dinikahi Rasul bukan hanya janda2 tua saja

Sudah belajar statistik apa belum yaa ngomon kok seenaknya....sampel bukan asal comot begitu. Kalau ngga setuju fine, tapi jangan mencaci maki itu lebih tidak bermoral

Berarti Anda juga mengatakan Rasulullah itu jg hanya menuruti nafsu belaka. Jangan pakai nama Mohammad dehh kalau komentar macam itu

Al qur'an itu bukan hanya bagi Nabi tapi bagi seluruh ummat. Dan apa yg disampaikan Allah itu pasti benar, jangan cuma mengakui ayat Allah yg sekiranya enak2 saja. Yg soal poligami jelas dibolehkan malah ditentang mati2an. Masuk Islam lah secara Kaffah jangan sepotong2

Belajar dulu sejarah nabi agung Muhammad, jangan sok tahu dan asal ngomong

Dilacurkan?? Ini ngomong atau nglindur yaa. Pernikahan yg baik dan sesuai pedoman Allah kok bilang dilacurkan

Heh klo mo reply jgn ngomong seenaknya juga. baca lagi tuh artikelnya. Tanya dong sama si ustadznya dah belajar statistik blm. Liat bnyk kalimat2 yg ga da data statistiknya. Nih liat :
" begitu bnyk muslimah matang yg hrs menyepi sendiri setiap mlm..." (Really?? Berapa bnyk??)
"Amat bnyk pernikahan monogami yg berujung pada perceraian".. (Makanya ane tulis monogami yg ga cerai juga bnyk bro..)
"..begitu bnyk poligami yg bdampak positif bagi individu dan masyarakat.." ( mana datanya?? Dampak positif apa??)
Kalau mo setuju poligami terserah bro, tp u juga nulis " ngomong kok seenaknya" sama juga mcaci maki...ga bermoral. Ngaca dulu lah sblm reply ye

Jijay lu ah. Makan deh tu syahwat.

Kalo dilihat siapa yg egois istri ato suami, setau saya gk ada istri yg mau dipoligami mereka itu terpaksa, mereka lebih arif utk membuat keputusan entah itu karna faktor ekonomi karena kalo si suami dilarang poligami maka dia akan di cerai bisa juga utk menjaga perasaan anak2nya gimana rasanya kalo cerai dan tidak ada sosok seorang ayah sehingga si istri merelakan suaminya berpoligami tetapi dg catatan itu pasti terpaksa coba saja tanyakan ke si istri pertamanya dan kalo dibalik si istri yg nikah lagi tetapi msh mempunyai istri gimana perasaan si suami kalo dilihat dr faktor ekonomi seharusnya di suami bersyukur karena ada yg menafkahi istrinya lagi selain dia maka beban si suami pertama akan lebih ringan ya to

Nabi pun kan juga manusia mereka punya kekhilafan kan dalam ajaran agama dijelaskan yg baik kita tiru dan laksanakan yg kurang baik kita buat pelajaran bukannya semua kita telan mentah2 dan akhirnya dilaksanakan.

Ini kenapa jadi kalian yang sewot? Istrinya aja mau, mereka rela-rela aja kok. Masalah didalam hati nya bagaimana itu bukan urusan kalian. Itu urusan dirinya sendiri dengan Tuhannya. Urusan kalian apa? Klo kalian ngga mau poligami atau dimadu yang jangan di ikutin, jalanin aja hidup lo masing-masing. Ngg ada yang maksa lo ikutan poligami kok. Kenapa jadi kalian yang sewot? Istri2nya ngga sewot.

This comment has been removed by a blog administrator.

Mana ada yg sanggup adil.. laki2 aja mau cari pembelaan biar dapat istri dua. Jijik banget lihatnya.. sok alim

Kita komen itu kan juga sah2 saja kenapa situ yang sewot.. karna poligami otu tidak ada yg bisa berjalan lancar. Bisa datang dari istri atau anak masing istri akan bertengkar. Ujung2 malah petaka. Enaknya sih bisa gonta ganti begituaan. Laki2 memang egois. Cari yaa yg janda tua bukan wanita gadis. Itu sih ketahuan aja belang

gak boleh jijik, ini hukum islam mbak! daripada para pria asik selingkuh haram!

Wah.. Hidup P5!!!!
Pria-pria perkasa pro poligami..
Urutan dari yang paling baik:
1. Poligami akur
2. Monogami akur
3. Monogami ruwet
4. Poligami ruwet

Siapa bilang ruwet?

Itulah cinta nafsu. untuk sesama Manusia aja bisa dibagi hatinya apalagi untuk ALLAH.dia menceramahkan orang lain tapi tidak tengok kedalam sebelum bicara singkirkan debu yang masih melekat.

Itulah cinta nafsu. untuk sesama Manusia aja bisa dibagi hatinya apalagi untuk ALLAH.dia menceramahkan orang lain tapi tidak tengok kedalam sebelum bicara singkirkan debu yang masih melekat.

Yang jelas poligami halal sementara pacaran itu haram, apalagi nyewa PSK buat puasin nafsu haram zina berlipat ganda.
Nah sekarang saya tanya, siapa yg pacaran dan zina disini?
Hahaha
Poligami kok ditentang, orang jelas halal kok. Tuh sana yg pacaran di mall, kafe, jalanan, berani ga kalian bilang teriak2 maki2 haram dan bilang jijik? Hehe
Dasar orang2 munafik, berani2nya menentang poligami, halal dibilang jijik, najis, dsb.
Yg ada juga jijik lihat orang pacaran, prostitusi. Itu baru akalnya sehat.

Hati2 ghibah kawan2 walaupun hal2 tersebut benar adanya ngomongin orang itu ghibah. Biarkan uztad tersebut melakukannya dn bertanggung jwab dgn yg diperbuatnya diakherat kelak. Kl mmang tidak setuju jgn sampai mencelanya tidak baik kawan.

walau bagaimanapun saya dukung ust arifin ilham.

rokok memang membawa bahaya bagi manusia mas :D

Astagfirullah Arifin, atas dasar apa ente sampe berpoligami? Pertanyaan saya, kenapa anda berpoligami? Apakah anda sadar!! Jika anda ingin menjaga mencintai, menyayangi nikahi janda2 miskin dan tua disana, jangan yg perawan yg cakep, itu nafsu namanya, ente otak pake lah tat, jangan agama ente bawa2 buat dalil yg kuat, biar kate ente ustat, salah ya salah !!! Kalo ane jadi ulama, udah ane semprot ente abis abisan, dan kenapa ente nikahin anak ente yg masih muda ileran!!! Ente ga tau banyak dampak nya nanti dikehidulan sesudah mwnikah !!! Negatif!!! Naif ente tat !!! Udah kenal dunia pertelefisian jadi rusak agama !!! Pantes indonesia diramal bakal jadi negara kafir, wong ustad2 nya cuma duit yg dicari !!!

Usatd ane mau nanya sama ustad, kalo ente nikahin janda rentah, tak memeiliki harta dan sanak saudara apakah ente mau !!! Ente kan pemuka agama yg sering muncul di tipi!!! Jangan cuma cuap2 hasilnya sama kaya sampah anggota pejabat2 bangsat yg bisa nyelakain umat !!! Ente mikir tat, nikahin perawan, cakep, emang gak ada janda !!! Jangan bawa2 agama deh kalo ente punya moral bejat !!! Ane muslim, tapi kalo ada saudara ane salah berhak dan wajib di tegur, kalo dia nyolong potong tangannya, kalo dia mesum potong kemaluannya !!! Begitu juga ente tat !!! Segala anak dinikahin di expose lagi !!! Negatip mulu dah ustad jaman sekarang !!! Pinter agama jadi kebelinger, cuap2 kaya pejabat hasilnya nafsu sama sahwat !!!


EmoticonEmoticon